Wednesday, July 28, 2010

Exploring China: 凉面

Hello! Since I live in China, I've got the idea of sharing things you probably never know about China. Ga ada salahnya kan, get to know more about China, sekalian menambah wawasan, haha.. I will share interesting things you will only find in China.

And this time, I'm talking about one of the food.

凉面. Read: liangmian. Or "cool noodle". Or "mie dingin".


Pasti udah ketebak makanan kaya apa ini, cz dari namanya aja udah menjelaskan semuanya. Yup, mie ini disajikan dalam keadaan dingin, bukannya panas-panas fresh from the oven layaknya makanan yang biasa kita makan. Menurut gw, mie ini khas China banget, soalnya, baru nemu di China, dan kalo orang Indo pertama kali ketemu makanan ini, pasti ga langsung suka. Yang ada malah berasa aneh dan komentar, "Emang enak ya? Makanan kok dingin."

Gw dan senior-senior gw pun reaksinya gitu pas pertama kali tau ada mie dingin ini. Persis. Haha.. Gw ga mau coba malah. Lama-lama, penasaran juga. Denger dari temen-temen yang udah nyoba katanya enak. Setelah nyobain sendiri, ternyataaa.. Bener, enak! Hahahaha.. Tapi depends juga, ga semua liangmian yang dijual enak lho, tergantung dari bumbunya.

Jadii, liangmian ini isinya adalaah: mie (optional, bisa mie campur kwetiaw, mie tok, ato kwetiaw tok), kecambah, ama timun yang diiris tipis-tipis. Trus dikasi bumbu encer kaya kuah tapi dikiit, jadi ga bener-bener kaya mie kuah, cuma jadi semacem bumbunya. Tinggal diaduk, lalu dimakan. Yumm!! Rasanya asem-asem gitu. Timunnya diiris bener-bener tipis, jadi gw bisa makan (note: gw ga suka timun, kecuali yang di dalem sushi atau yang uda diiris tipis-tipis kaya di liangmian ini, hehe..)

Nama lain dari liangmian tuh 冷面 (lengmian), artinya sama persis.

Sejauh ini, liangmian yang gw cobain semuanya enak :D

So, whenever you come to China and meet this food, don't think it's weird and don't be afraid to have some try. You'll love it! :) not at the first try, though, I think. Pokoknya kita-kita pelajar Indo di sini sih sukaa, haha.. Tadi sore gw baru makan ;)

No comments:

Post a Comment