Thursday, August 12, 2010

nyusup 2

Sebenernya pengen bikin post pake bahasa inggris lagi, tapi maluu, soalnya mo ngomongin masalah nyusup2an lagi, lanjutan dari nyusup 1 hahahaha.. Kan malu and takut ketauan kalo bikinnya pake inggris hihii..

These days I've been very busy, makanya udah beberapa hari absen blogging nehh.. Hari Selasa aku nyusup lagi ke hospital, tapi kali ini ga ke emergency surgery lagi tapi ngikut seniorku di departemen laen. Aku kira dia masih di Gynecology, soalnya minggu kemaren dia di sana. Rencananya sih dateng dari awal, jam 8 nyampe sana, tapi ujungnya kesiangan bangunnn, jam 8 baru bangun, haha.. Alhasil jam 9 an baru nyampe hospital.. Ternyata, senior aku (Ka Dinda) udah pindah ke Obstetric! Passs benerrr, aku kan paling cinta ama bayi-bayi mungil tak berdosaa, hihii.. Ada Ci Jessi juga. Ga banyak yang bisa dilakuin di Obs ini, tapi aku sempet liat ini nih:



Bayi-bayinya lagi dimandiin! Abis dimandiin, mereka dipindahin ke "wastafel" laennya, kaya direndem gitu (ga tau buat apa), sebelumnya dipakein kaya ban renang mungil gitu di lehernya, trus dilepasin aja kaya anak kecil lagi berenang.. Trus si bayi tidur deh dengan enaknya :) Sedih banget fotonya telat, jadi ga gitu keliatan betapa lucunyaa bayi-bayi ituu! Aku ampe bener-bener ngiri ama suster-suster Obs yang kerjaannya ngerawat bayi-bayi, mandiin, bisa pegang-pegang & gendong-gendong bayinyaa.. Ampe mikir pengen jadi suster obs aja deh, bukan dokter! Haha!

Pengen foto lagi yang jelas pas bayinya lagi diangkat pake "ban renang" itu, sebelum dimasukkin ke "wastafel"nya, tapi ga ada selera balik lagi ke Obs, gara-gara bener-bener ga ada kerjaan setelah ward round.

Karena ga ada kerjaan di Inpatient, kita pergi ke Outpatient Gynecology. For your information, Gynecology itu bagian cewe, buat cewe-cewe yang mengalami masalah kewanitaan baik organ dalam (uterus, dll) maupun luar (vagina), datengnya ke bagian ini. Kalo Obstetric itu buat bumil (ibu-ibu hamil) & melahirkan --> bahasa indonya, dokter kandungan. Di outpatient (tempat orang-orang yang dateng ke dokter buat konsultasi & diperiksa, bukan opname) ada beberapa dokter, trus kita masuk di ruangan salah satu dokternya. I didn't expect anything at the first, bener-bener ga kepikiran apa-apa bakal kaya apa outpatient-nya Gynecology itu. Ternyata, ngeliatinnya (maap kalo terlalu vulgar) vagina mulu. Ya iya lah ya, kan yang dateng semuanya orang-orang yang bermasalah ama kewanitaan, that means all about vagina or pregnancy. Lama-lama eneg banget ngeliatin begituan mulu. Dokternya cowo pula, pasti dia udah eneg seeneg-enegnya ngeliatin vagina cewe and udah ga napsu lagi haha..

Yang bikin aku sedih adalah, banyak banget unmarried women yang udah ga virgin lagi. Soalnya cara meriksa orang yang masih virgin ama udah ngga virgin tuh beda, trus bentuk vaginanya juga beda, makanya ketauan. Dan selama aku di ruangan itu, semuanya udah ngga virgin. Termasuk yang masih muda-muda (20-an) yang belum married. Trus, di sebelah ruangan-ruangan dokter itu, ada satu ruangan khusus buat orang aborsi! Jadi, orang-orang yang mau aborsi dibawa ke ruangan itu buat minum obat aborsi. Waktu aku lewat di sana, lagi ada beberapa cewe di dalem ruangan itu. Miris, ya! Aku baru tau kalo ternyata aborsi itu legal di China. It sucks to know the fact and to see such a thing!

Karena ga tahan berlama-lama di sana, akhirnya kita ke emergency (lagi) deh! Haha.. Seru soalnya di emergency, ada kerjaan, nggak nganggur. Kalo nganggur kan bosen dan ngantuk bawaannya. Emergency emang tempat pelarian intern2 yang bosan gara2 ga ada kerjaan di departemennya, hehe.. Trus, I got a chance to make one stitch! So, I did it, for the first time! Karena baru pertama kali, tanganku gemeteran abisss, hehe.. Meskipun udah sering banget ngeliatin orang ngejait pasien, tetep aja pas ngelakuin sendiri beda banget rasanya, pasti nervous banget. Tapi seneng juga akhirnya bisa ngejait hehe..

Besoknya (kemarin), aku ke Obs lagi dari pagi, ikut ward round (cek kondisi tiap pasien, jadi dokternya keliling dari satu kamar ke kamar lain tiap pagi). Bayinya lucu banget!! Tapi pas ngeliat mama-mamanya, kondisinya beda banget 180 derajat. Masih banyak yang kesakitan bekas operasi atau jahitan, mau pipis aja susah banget, hiks. Pas liat bayi-bayi itu, jadi bener-bener pengen punya anak (sekarang juga! haha), tapi pas liat mamanya, jadi seremm >.< Saat itu, aku jadi inget mama & kangen banget ama dia. Perjuangan seorang ibu memang nggak ada duanya. Gitu kalo ada suami yang ga sayang ama istrinya, rasanya pengen ditabok ampe mampus! Hehehe..

Hari itu aku "nyesekk" bangett, soalnya aku harusnya bisa ikut masuk ke ruang operasi liat caesar, tapi gara-gara ga punya name tag murid intern, ga bisa masuk dehh :( Apa daya, mungkin memang belum waktunya. Padahal kesempatan udah di depan mata! Grrr!

Trus hari ini aku ke hospital anak-anak (bergilir terus tiap hari dari satu departemen ke departemen lainnya, rajin banget yak! biasaa, masih baru ke hospital, masih semangat 45, hehe..), bagian pulmonary. Di hospital ini ada dua departemen, pulmonary & gastrointestinal. Tapi hospital ini kepisah ama hospital yang biasanya, ini hospital memang khusus anak. Aku pikir pasiennya anak-anak seumuran SD gitu, ternyata 95% pasien inpatient (opname)nya bayi! Bahkan ada yang kaya bener-bener baru lahir gitu.. Trus, semuanya penyakitnya sama: pneumonia. Cuma beda jenis virus dan tingkat keparahannya aja.
Jadi, belakangan ini seharian schedule-nya full (sok sibuk mode: ON haha), mana ga biasa bangun jam setengah 7 pagi, jadinya tiap siang ngantuk bangetttt, ngantuk parahh, terus sore pasti udah tepar, ampe ketiduran-ketiduran gitu. Parah deh pokoknya, hehe..

Tapi overall, seneng banget cuz bisa dapet pengalaman baru & gain so much knowledge (hopefully :P). Semoga juga dengan gini mentalnya udah well-prepared, jadi ntar pas saatnya internship sendiri udah ga kaget & ada bayangan :)

Masih ga tau deh rencana hari-hari ke depan ini gimana, yang pasti besok istirahat dulu, ga ke hospital, cape banget cuy! Hehe..


No comments:

Post a Comment