Monday, July 25, 2011

Off to Home :)

Mulai 7 Juli kemarin, aku udah resmi libur & anak2 Indonesia di sini udah pada pulang semuaa. Dan akhirnya giliranku untuk pulang pun tibaa, hihii..

Liburan kali ini aku nyoba naik Royal Brunei Air, soalnya flight lain super mahaal, apalagi ke Surabaya L Temen2 yg lain jg banyak banget yg naik Royal Brunei, jd aku jg ikutan nyobain, hehe.. Menurut mereka2 yg lebih dulu pulang, pesawatnya enak kok, meskipun kecil tp comfy, yg pasti dpt makan & minum, ga kayak Air Asia yg musti beli makanannya. Kali ini jg pertama kalinya aku pulang bener2 sendirian. Biasanya dr China pasti ada barengannya, at least ampe tempat transit, abis gt dr tempat transit ke Surabaya baru sendirian, secara yg lain rata2 ke Jakarta. Tapi kali ini aku full sendirian, Shanghai-Surabaya-Shanghai. Aku sih gak takut, kan udah berkali2 pulang & sering sendirian jg meskipun sendiriannya cuma kurang dr separo perjalanan. And I’m looking forward for this flight, karena review yg bagus dr anak2.. (Udah kayak novel aja pake review2an, hehe).

Jadi, for the first time aku ke airport di Shanghai (Suzhou ga ada airport L) naik bus umum. Biasanya karena rame2, kita sewa bus ato mobil pribadi. Lumayan jg sih, buat pengalaman.. Cepet bgt pula busnya, padahal seharusnya perjalanan Suzhou-Shanghai 2.5 jam, tp tadi cuma ga sampe 2 jam. Alhasil aku nyampe airportnya kepagian hehehe.. Tp pas nyampe udah langsung bisa check-in meskipun masih 3 jam sebelum boarding time.

Aku nunggu sambil makan Subway (udah bawa bekal dr Suzhou hehe) en bbm-an. Tiba2 muncul berita itu. Aku dikasih tau kalo flight Brunei-Surabayaku ternyata udah full & aku harus pindah ke flight lain. Shock lah aku. Gimana gak shock euy, cewe sendirian transit di negara yg tak dikenal, malem2 pula. Plus, tanpa kejelasan tentang flight aku ke Surabaya. Staff Royal Brunei yg di Shanghai bilang mereka ga tau apa2, jd tunggu udah nyampe Brunei baru staff yg di Brunei yg aturin. Aku tau sih, mereka pasti urusin semuanya karena ini kan salah mereka, bukan salahku. Kalopun harus nginep jg mereka bakal sediain hotelnya. Cuman yg jd masalah adalah aku ga tau en bingung tar di Bruneinya musti ngapain, ngomong ke siapa, dll dsb. Yg terutama adalah karena ketidakjelasan tentang flightku. Aku merasa konyol aja, bisa2nya full, padahal aku udah book & itu tuh connecting flight, Shanghai-Surabaya. Aku shock, takut, ampe lemes & udah pasrah. Pengen nangis rasanya td. Ditambah lg flight Shanghai-Bruneinya jg di-delay. Untung ternyata delaynya ga lama2 amat, persis 1 jam. Thanks to all of my friends yg udah nemenin & nenangin aku via bbm selama masa2 shock-ku itu hehehe.. Jd ga merasa sendirian =)

Di dalem pesawatnya sih I had no problem at all. Bener, emang kecil tp the service was good. Pramugarinya ramah2, makanannya oke, minumnya unlimited, dapet fasilitas music & movie pula. Aku td nonton “Beastly” di pesawat =p Udah lumayan feels like home karena bahasanya Melayu, even lagu2nya ada lagu2 Indonesia, trus td diputer jg video klipnya Melly Goeslaw & Andra and The Backbone. Dalam hati berpikir, “Kewl!!” hahahha..

Pas udah sejam sebelum mendarat, aku mulai kepikiran lg. Gimana nasibku ntar di Brunei. But then I realized & learned something. Then I wrote this:

Sometimes, in life, you can just easily & simply get everything without any efforts. On the other hand, sometimes it needs extra efforts to get something you should get (regarding the fact that I shouldn’t have done anything to be in the flight to Surabaya, but I had to do more effort just to get one).
Life’s not easy, yet it’s not always shaky. That’s why it’s called “LIFE”.
All we need to do is cherich it, live it, face it, and PRAY. At the end, you’ll get through everything, because nothing is impossible in God. Thus, always seek Him and everything would be alright J

I must say that wrote that just to comfort myself. To strengthen & ensure myself that everything would be alright. God will arrange everything for me. I kept trying to think positive. Masih untung Brunei bisa bahasa Melayu ato at least bahasa Inggris kan.. Jd harusnya ga akan kesulitan gimana2 banget gt. Lagian aku dulu (4.5 taon yg lalu) udah pernah transit & jalan2 bentar di Brunei, jd at least aku udah punya bayangan dikit2 tentang Brunei, ga bener2 have no idea about the country. Bahkan aku sempet berharap banget aku bakal dipindahin ke business class sebagai kompensasinya, hahahaha.. Jauh banget yak pikirannya. Ngarep.com hehe..

I don’t know if I was exaggerating or it was normal to feel the way I felt. Memikirkan fakta bahwa aku bakal sendirian di tempat asing, dengan nasib ga jelas. Moreover, aku orangnya planning banget. Begitu terima berita tentang perubahan mendadak, aku butuh waktu buat shock (hehe) and make another plan or what-to-do list. Sedikit dari ciri khas orang dgn golongan darah A, padahal aku O *gak penting =p*

Sebelum mendarat, I prayed to God. I started to calm down & let it flow, pasrah sama Tuhan and not to worry much. I was ready. Tp begitu aku keluar dari pintu pesawat, aku langsung liat ada mbak2 pake seragam Royal Brunei lg megang kertas bertuliskan “Ms. SYLVIA SUMITRO”. Ahahahaha! Langsung deh aku samperin tuh mbak2 en aku langsung digiring. Dia bilang, aku bakal dipindahin ke flight yg jam 4 pagi! Dan sekarang aku bakal dibawa ke hotel yg udah disiapin sama mereka. Setelah ambil bagage, aku dianter ke mobil yg nganter aku ke hotel. Aku mulai berpikir, well, this is good! Aku kira aku bakal harus bingung2 tanya2 ke counter Royal Bruneinya tentang nasib flightku, dll. Ternyata everyting was arranged already. Aku even dijemput di pintu pesawat! Hehehe.. Tuhan memang baik J

Di sepanjang perjalanan ke hotel, aku ngobrol ama supirnya. Ternyata supirnya org Indonesia jg! Yg lebih mengejutkan, dia org Malang. Tetangga gue, hahaha.. Umurnya jg cuman setaon lbh tua dr aku.
Pas nyampe di hotelnya, lumayan takjub sih. Hotelnya bagus. I didn’t expect it. Kirain bakal dikasih hotel airport yg kecil tp bersih gt deh, ternyata lumayan gede bow. Apalagi pas masuk kamarnya. Ranjangnya aja double bed, pdhl aku cuman 1 org, hehe.. Dapet free dinner pula! *Mulai terhibur & termakan kompensasi nihh! Bahkan sempet mikir, yauda deh gpp delay begini, huahahaha*

Pintu masuk kamar.

Ranjangnya! Gede bgtt kan? Nama hotelnya "Asma Hotel".

Di depan ranjang. Ada TV, kulkas.

Makin kaget lg waktu lg dinner. Pelayan resto & kokinya org Indo! Bukan Cuma org Indo, tp semuanya org Jawa. Trus siaran TV-nya pun sinetron Indo, wakakak.. Ngobrol2 sama mereka, pokoknya bener2 ga berasa lg di Brunei, berasa udah nyampe Indo. Kata mereka, di hotel ini, 80-90% pegawainya org Indo. Bahkan managernya aja org Indo. Beeghhh!! Trus yah, masih menurut mereka, ternyata Royal Brunei tuh emang sering begini. Delay2 en mindah2 flight orang. Selain aku, ada 24 org lain yg dipindahin ke flight yg jam 4 ini. Mereka kayaknya TKW2 dari Hongkong gt, aku ada kenalan ama salah satunya, org Banyuwangi. Kata pegawai2nya, biasanya malah ada sekitar 50-100an orang yg dipindah begini. Astagaa! Trus, di Brunei emang siarannya yg ratingnya tinggi tuh dari TV Indonesia. Ada RCTI, SCTV, dll. Musik2 yg disukain di Brunei pun hampir semuanya musik Indo, dr yg jaman jadul tembang2 kenangan ampe band2 masa kini haha.. Begitu tohh ternyataa.. Jd banyak tau tentang Brunei & Indonesia..

But then, I changed my mind about transit in Brunei. It was when I was staying in the lobby to get the wifi connection. Wifi-nya cuman bisa connect dr lobby, jd mau ga mau hrs online dr sana. Aku harus ngabarin orang rumah cuy! Selama di lobby, aku ngobrol sama 1 mas2 & 1 mbak2 (mbak2 TKW org Banyuwangi yg td aku bilang). Mbaknya keren euyy, lancaar beneer ngmg bhs Guangdongnyaa (bahasa utama di Hongkong). Dia udah ampir 4 taon kerja di sana. Nahh, yg malesin tuh si mas2nyaa! Genit gituu. Tadinya ga kenapa2, tp pas mbak2nya uda pegi, dia ngomongnya mulai gimanaa gitu. Pake add2 Facebook & tanya2 nomor hp di China segalaa. Ughh! Alhasil aku cepet2 ngacir deh dr sono, back to my room. Yg penting udah ngabarin cc di rumah. Soalnya, di Brunei, operator Hpnya dimonopoli ama DST. Operator dr luar diblock ama dia, ga bisa telvon, SMS ato apapun *sighh* Kapok dehh, ga mau balik ke sini lg pokoknyaa! >.< Takut kalo besok2 naik Royal Brunei lg, di-delay lg trus ditaruh sini lg. Ketemu lg deh ama mas2 ituu. Huhuhuhuu..

I’m going to the airport at 2 am. Dijemput, rame2 ber25 ituu. Duhhh pokoknya sekarang cuma pengen cepet2 pulaang, sampe ke Surabaya dengan aman dan bahagia, ketemu ponakan tersayang, Baby Mikaaa! Hihii.. Wish me a safe, nice flight!

Cyaa in Indonesia! ;) God bless us~

No comments:

Post a Comment