Sunday, December 4, 2011

Ada Apa Dengan Golongan Darah?

Karena udah ada beberapa orang yg mendesak karena udah penasaran, akhirnya aku tulis sekarang deeehh postingannyaa, hehehe.. Yapp, this is a post about blood type groups, hehe..

Pernah denger tentang personality based on blood type nggak? Teori ini pertama kali muncul di Jepang & konon katanya, sampe sekarang pun mereka masih percaya banget sama teori inii..

Sebelum baca postinganku ini, please do read these links first:
http://my.opera.com/LindaChuang/blog/blood-type-personality-english-version-part-1
http://my.opera.com/LindaChuang/blog/blood-type-personality-english-version-part-2

Biar lebih ngerti dan tau lebih lengkapnya, hehe.. Gak akan menyesal, soalnya menurut aku itu lucu dan very interesting =D

Nahh, kalo udah baca, marii lanjut ke sinii lg, hihii..

Jadiii, entah sejak kapan, "Rasisme Golongan Darah" jadi marak dan semakin menjadi-jadi dari hari ke hari di kalangan anak2 Indonesia di sini.. I guess, yg mempopulerkan itu awalnya Si Dinda, trus menyebar dan semua anak Indonesia jd tau en jadi tren deh, haha.. Tapi "Rasisme Golongan Darah" ini selalu dalam konteks bercanda yaa.. Nggak ada "korban" dalam "rasisme" ini, wkwk..

So, basically, kami - anak2 SISC =p - cukup percaya sama teori personality based on golongan darah ini. Teori-teori yg terkenal di kalangan anak2 SISC adalah:

1. Gol darah A: terstruktur, planning, AUTIS
Secara teori, orang2 dengan gol darah A memang adalah orang2 yg sangat planning dalam ngerjain sesuatu, trus cenderung perfeksionis. Itu memang terbukti, rata2 anak2 gol darah A di sini memang kayak gitu. Tapi, berdasarkan pengalamanku bergaul sama temen2 terdekatku yg bergolongan darah A, sifat yg paling menonjol tuh sifat autis dan pelupaa! Autis di sini berarti, ga bisa multitasking. Jadi, kalo lg ngerjain sesuatu tuh mereka konsen banget sama satu itu, sampe2 ga memperhatikan & ga meduliin sekelilingnya lg. Kalo udah lg asik SMS-an ato BBM-an, mereka bakal ngacangin orang2 di sekelilingnya. Yg paling nge-bete-in adalah kalo lg pegi berdua sama orang bergolongan darah A. Harus siap2 tahan2 dicuekin kalo mereka lg fokus sama sesuatu, ato lg tenggelam dalam pikiran mereka sendiri. Bener2 dicuekin, euyyy!! Ampe akhirnya sekarang aku udah biasa en belajar memaklumi. Ga mau ngajak ngomong kalo Si A type lg SMS-an ato BBM-an! Perhatian dan pandangannya bener2 harus mengarah ke aku dulu sebelum aku mulai ngomong, hahahaaha, daripada udah cape2 ngomong ternyata ga didengerin! Bukannya bermaksud ga mau dengerin tp bener2 ga denger karena cuma fokus ke satu hal aja. Jadi jangan kaget jg kalo waktu mereka lg konsen ngerjain sesuatu, mereka bakal bereaksi "berlebihan" waktu kita "kagetin", even cuman sekedar ngajak ngomong secara tiba2, wkwkwk.. Trus ya itu, punya STM (Short Term Memory) alias pelupaa. Diceritain hal yg sama berulang-ulang jg mereka ga masalah, mungkin, soalnya inget pernah diceritain aja nggak, hahaha.. *sighhh*

2. Gol darah B: CEROBOH dan hidupnya sangat santai, tanpa beban =D
Temen2ku yg bergolongan darah B itu orang2nya santai banget, hidup itu rasanya ga dibawa stress. Mungkin prinsip hidupnya, "enjoy aja lagi!" hehe.. Temenku ada yg suka numpahin kopi ke atas meja kalo pas lg belajar, pas nyetir gampang ke-distract, dll. Pokoknya kebalikannya A banget deh..

3. Gol darah O: bermasalah sama pendengarannya =p
Di sini, anak2 gol darah O terkenal dengan ke-budek-annya, hahahahaha.. Seringkali mereka ga denger dengan jelas ato tepat kata2 orang, padahal meskipun jaraknya cuman ga nyampe 1 meter, ato Si Pembicara berada bener2 di sebelahnya! Dan aku salah satunya, hahahhaha.. Tapi anak2 dengan gol darah O di sini tuh anak2 yg cukup berprestasi, lhoooooo!! Wakakakkaka

4. Gol darah AB: UNIK (kalo ga mau dibilang aneh =p)
AB punya julukan "Aneh Banget". Yupp, jalan pikiran orang2 AB tuh yg paling susah dimengerti en super unpredictable! Jalan pikirannya ga seperti kebanyakan orang. Kalo orang rata2 bakal mikir A ato B, mereka bakal mikir X ato Y, hehehehe.. Rasanya adaaaa ajaa yg ada di otak mereka tuh. They're unique and strangely fun to be with, haahaha.. Di sini anak2 AB-nya ada cukup banyak lohh..

Nahh.. Now, this is my point of view about my personality.
Katanya, orang2 dengan golongan darah O itu tingkat sosialnya tinggi. Yupp, I agree!! Trus, kalo dibilang agak budek, aku jg ga akan mengelak, hahahahaha.. Memang kebanyakan anak2 gol darah O suka nggak denger orang bilang apaa..
Contoh: aku lg pegi sama Ci Tana & Dinda (aku & Ci Tana O, Dinda AB). Dinda lg jalan persis di depan kita, aku & Ci Tana jalan sebelahan. Kita lg bercanda2 gitu, trus aku ga denger kalimat terakhir Dinda, tp tetep ikutan ketawa jg bareng mereka berdua. Abis ketawa, Ci Tana bisikin aku, "Td dia ngomong apa?" trus aku jawab, "Aku jg ga denger, Ci." Bhahahahahaha.. Cape deeh! =p Tapi sekarang kita jd punya excuse bagus. Tiap kali nggak denger orang ngomong apa, kita bakal bilang, "Kan O", wkwkwkw..

Contoh "rasisme gol darah" di sini adalah:
- Kalo ada orang A lg autis, kita suka bilang, "Iiiihhh, autis lg dehh, dasar A!".
- Kalo kita lg bertindak sesuai ama sifat2 gol darah kita, kita akan membela diri seperti contoh di atas (kalo lg ga denger, dengan bangganya kita bilang, "Kan aku memang O".)
Hahahahahaha..

Tapii, meskipun O, entah gimana tapi aku sering ngerasa aku ini campuran personality blood type A-nya cukup banyak. I'm a perfectionist. Trus aku jg orang yg planning. Kalo mo ngapa2in lebih suka di-planning dulu, trus kalo planning ini harus berubah secara tiba-tiba, aku pasti ga sukaa! Kecuali kalo nggak mendadak. Soalnya semua plan yg udah aku susun jd kacau en harus plan ulangg. Kalo lg ga mood yah, begitu 1 dari susunan plan itu gagal, aku bisa jadi males ngerjain yg laennya jg en jd ga ngapa2in, hehe.. Itu kan A bangett! Hehehe..
Aku merasa, aku dapet sifat2ku yg agak "ke-A-A-an" *apasiiihhh =p* dari Mama. Soalnya Mama jg kurang lebih punya sifat yg sama kayak aku gitu, padahal dia O jg..
Yg lebih aneh lagi tuh Papaku. Dia B, tp sifat & kelakuannya nggak ada B-nya sama sekali, malah A bangett!! Dari cara berpikirnya, ketekunan dan cara belajarnya, dll. Padahal di keluargaku sama sekali ga ada yg gol darahnya A lho, huahahahaha..

Nahh, sekarang kita, anak2 SISC, punya kesimpulan nih. Teori personality based on blood type itu sedikit banyak memang bener. Sesuai banget. Tapi ada banyak ketidakcocokkan jg sebenernya. Nahh, ketidakcocok2kan itu disebabkan karena pengaruh zodiac & shio kita. Begitulah kesimpulan kami. Huehehehehe..

Di Jepang, orang2nya katanya bener2 percaya lhoo sama teori ini. Sampe2, mereka suka nanya golongan darah masing-masing, terutama dalam hal pekerjaan. Katanya sih yaaa, mereka bener-bener pilih-pilih partner kerja. Dan yg paling di-"black list" sebagai partner kerja adalah gol darah AB. Entah kenapa. Wkwwkwkwk..

Gimana menurut kalian? Apa gol darah kalian? Sesuai nggak sama personality yg dijabarin untuk blood type kamu? Hihihi..

7 comments:

  1. hahaha.. setujuu ama blood type ini.. apalagi yang B kayaq gw, super duper enjoying life, no boundaries may bound us against what we are curious about... tapi setelah curiosity itu hilang, yah that's it :P haha

    ReplyDelete
  2. Hahahahaha.. Betul2, anak B rasanya nggak bother orang mau blg apa, semuanya dibawa nyantaai, hahahha..

    ReplyDelete
  3. ow ini toh maksudnya..baru tau loh hal ini sifat berdasar golongan darah, ilustrasinya lucu banget lagi.

    ada yg cocoknya sih dikit

    ReplyDelete
  4. Hahahaha, iyaaa.. Karena kebiasaan ngomongin gol darah di sini jd kebawa jg, begitu ngomongin personality jd langsung nanyain gol darah, wkwkwk =p

    iyaa, lucu bgtt yahh ilustrasinyaa..
    ohh, cocoknya cm dikit yah? *kecewa* hahaha..

    Share di sini dong! =D

    ReplyDelete
  5. loh kok kecewa? jangan donk..

    salah satu yang ga match, gol darah O itu ga on time.

    ReplyDelete
  6. LOL gw golongan darah A loh. dan gw emang sangat perfeksionis terorganisir dan CEPET LUPA. apalagi hapal jalan ARGH.
    tapi yg salah, gw bsa multitask kok ahaha.. lucuuu ini

    ReplyDelete
  7. @Felisia: ahh, betuuul2, aku jg lumayan on time kok pdhl, mending nunggu drpd ditunggu, tp kesel jg sama org yg lelet, hehe..

    @Viryani: waaahh, sama banget ma anak2 A di sini, GA HAPAL JALAN! hahahhaa.. mungkin bisa multitask apa nggaknya ditentuin sama gender jg kali ya, kan cewe lbh bisa multitasking, cowo mmg ga bs, hehehe..

    ReplyDelete