Friday, January 27, 2012

Ini Kisahku...

Woww, it's been 11 days since my last post! Break yg cukup lama rupanya, hehehe..

First of all, Happy Chinese New Year!! ^^ Weww, di China kalo lg Sincia, yg namanya fireworks ato kembang api tuh ga ada abisnyaa.. Ngga cuman pas hari H, tapi sekitar seminggu sebelum sampai seminggu setelahnya, tiap hari pasti ada kembang api. Nggak di kota gede, nggak di kota paling kecil sekalipun, pasti heboh kembang apinya. Padahal kembang api kan sama sekali ga murah, serasa bakar duit, hahahaa..

Anyways, I just came back from a wonderful vacation. Will talk about it later.. Sekarang saya mau bercerita tentang hal yg lain. Mari kita flashback! =)

Suatu waktu di bulan Desember 2011..
Aku dan Jervis dkk merencanakan liburan ke Harbin. Apa dan di manakah Harbin itu?

 

Pernah liat foto2 seperti di atas nggak? Itu bangunan2nya terbuat dari es lho, namanya "Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival" (哈尔滨国际冰雪节). Ya, itu terletak di Harbin, Heilongjiang Province, China.

Forbidden City of Beijing ala Harbin Ice & Snow Sculpture

Bagus banget yahh! Itu cuma salah satu contoh bangunan yg dibuat dr es lohh, jadi, bisa bayangin kan bagusnyaa.. Harbin International Ice & Snow Festival diadakan setiap tahun selama sebulan dan dibuka mulai 5 Januari.
Mau tau suhu di Harbin? Sekitar -30 or -40. Brrr, dengernya aja uda kedinginan yak, hahaha.. Tapi kata orang, di China yg gede ini, ada beberapa tempat yg HARUS didatengin. Sisanya mah kemana aja jg hampir2 sama, apalagi kalo kayak ke kuil2 gitu, ke kota mana pun, you won't see any big differences, haha.. Nah, tempat2 tersebut di antaranya adalah: Beijing (karena ibukota China & Great Wall-nya), Xi'An (karena Terra Cotta-nya), Guilin (pemandangan), Jiuzhaigou (alam), dan Harbin ini, karena festival es-nya. Makanya meskipun super dingin gitu, tapi Harbin (dan juga Jiuzhaigou) masuk di dalam list-ku sebagai tempat yg harus didatengin sebelum meninggalkan China! =D Semoga terwujud yah.. Di dalam list itu, aku cuma udah pernah ke Beijing & Xi'An, tapi sisa waktu yg aku punya di sini tinggal setahun >.< Tempat2 lain yg udah pernah aku datengin ga ada list itu, hahaha.. Tapi tetep ga nyesel kok, bagus2 jg :)

That was why we planned to go to Harbin together (with the other 8 friends) this winter break.


A few days before January 19th, 2012..
Udah mulai siap2 buat trip to Harbin. Karena peraturan di China yg menyatakan bahwa baru boleh beli tiket kereta 10 hari sebelum hari yg dimaksud, jadi kita baru beli tiketnya tanggal 17 (rencana berangkat 22 Januari pagi2). FYI, waktu itu lg high season banget bangett, karena Sincia jatuh pada tanggal 23 Januari 2012, dan CNY adalah libur paling besar bagi orang Cina. Mereka jarang banget libur, but when it comes to Chinese New Year, ga ada tawar menawar. Hampir semua orang libur dan pulang kampung demi berkumpul bersama keluarga ngerayain CNY. Makanya lumayan deg2an waktu mau beli tiket.. Untung dapet tiket Suzhou-Beijing (mau ke Harbin lewat Beijing dulu). Kita ga beli tiket Beijing-Harbin-Beijing-nya dulu karena masih belom bisa en kata Jervis ntaran aja, setelah kita nyampe Beijing. Menurut dia, pasti dapet dan ga mungkin keabisan. Tapi menurut aku, resiko keabisan tiket itu bukan nggak mungkin - sangat besar kemungkinannya, malah, mengingat semua orang lg berburu tiket untuk pulang. Aku sebenernya amat ga tenang kalo belinya mepet2 karena lg peak season gini, tapi yasudah, aye ngikut aje ape kate die, biar dia yg ngatur, meskipun hati bertentangan dengan rencana dia. (Padahal dia yg golongan darah A dan aku O, harusnya dia yg lebih well-planned dan perfeksionis, tapi kok malah kebalikan yah @.@)

January 19th, 2012, late at night..
Something else happened. Something that made me really down, so deep that the last thing I did before sleeping and the first thing I did after waking up on the next day was crying. But I can't share it here. Nothing bad (jangan membayangkan yg macem2), but it did hurt my feelings, my heart, and affected my mood.

January 20th, 2012..
Ketidaktenangan dan ketakutan bakal keabisan tiket itu terus berlanjut, dan akhirnya aku maksa Jervis buat beli tiket pulang dulu (Beijing-Suzhou) plus akhirnya berhasil merayu dia buat beli tiket Beijing-Harbin-Beijing-nya. Itu udah 10 hari sebelum tanggal 29 Januari (tanggal aku harus balik Suzhou karena 30 Januari-nya aku udah harus kelas lagi T__T)
Setelah lega karena udah dapet tiket kereta Beijing-Suzhou, aku baru tau kalo tiket kereta Beijing-Harbin-Beijing udah ludes sampe tanggal 30 Januari!!!!! SHOCK. Bener2 melengkapi suasana hatiku yg lagi jelek2nya. What a day! Lengkap sudah. Bete tapi ga bisa ngapa2in lagi; kesel, mau marah, tapi ga bisa juga. Mau marah ke siapa? Trus, kalopun marah2, emangnya bisa merubah keadaan?
Yg bikin aku bete adalah karena tujuan aku pergi tuh cuman Harbin. Bukan Beijing. Karena aku udah pernah ke Beijing dan ga mau ke sana lagi. Buat aku, tempat2 wisata kayak Tian'An Men, Forbidden City, Summer Palace, dll tuh ya cuma untuk didatangi satu kali aja. Yg penting udah pernah nyampe sana dan udah liat. Ngapain ke sana lg? Cuman karena harus lewat Beijing dan demi spend time together rame2, aku bersedia untuk stay di Beijing beberapa hari sebelum ke Harbin dr sana. Tapi kalo ga ada tiket ke Harbin gini, ngapain aku pergi?
Aku bilang ke Jervis, kalo sampe ga bisa ke Harbin, sorry to say, aku ga jadi pergi sama mereka. Keliatannya memang gimanaa gitu, tapi ya itu tadi, there's no point of me going.. Tapi Jervis masih mau ngusahain biar kita bisa nyampe Harbin, gimana pun caranya. Dia ampe minta bantuan tour-nya orang Indonesia yg ada di Beijing dan katanya, masih ada harapan untuk kita bisa ke Harbin, tapi musti nunggu keesokan harinya (21 Januari). Aku udah lemes, sedih (karena kejadian 19 Januari malam kemarin), bete, not in a good mood and not in the mood of going anywhere. I was even not in the mood of facing the next day, which was my birthday....

To be continued..

4 comments:

  1. peraturan di China yg menyatakan bahwa baru boleh beli tiket kereta 10 hari sebelum hari H, itu peraturan karena mau CNY apa setiap hari seperti itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap hari memang kayak gitu sepertinya.. Aku sih jarang beli tiket kereta jauh2 hari gt karena paling2 cm ke Shanghai ato Nanjing, yg deket2 gt, ga perlu ketakutan ga dapet tiket.. Cuman, wkt mau ke Xi'An kemarin jg trnyt 10 hari sblm hari H br boleh beli. Maklum lah, China rakyatnya byk bgt, jd tiket kereta tuh uda kayak sembako, hehehe..

      Delete
  2. weleh Syl, nek koe wis males ke Beijing, yok nek aku dolan sana sapa sing meh nganterke aku jalan-jalan??? T________T huaaaaa.

    Njuk piye, jadi ke Harbin gak? hehe. Btw, 我老是说,有一个机会我可以免费学习汉语,在中国的!!啊啊啊我听得很高兴,有一种说不出的感觉。。。 另外,老师说他们也给我们零用钱呢!! 听说,yang ngadain program ini tuh 孔子学院。。。我自己也不太清楚。 还要等一段时间就可以知道呢。 老师说她可以帮我报名。请为我祷告。。。为了我们两可以在中国见面啊!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda doong sayy, kalo ada temen di sana y aku mau2 aje hehe.. Bisa diatur lah, yg penting km nyampe sini dulu!! Wakakakak..

      Jadiii ke Harbin, tp tunggu taon depannn, hahaahha.. Sabar2 =D

      瓦,真的吗??希望你真的会拿到那个奖学金!!
      我一定会为你祷告,让我们可以在中国见面!!Amiiinn2 =)
      Keep me updated yaa!! Hihihi..

      Delete