Saturday, January 28, 2012

Officially 23!

Ini post lanjutan dari SINI. Baca post sebelumnya dulu yah, karena kalo nggak, ga seru =p

Jam hampir menunjukkan pk 12:00 tengah malam dan aku lg browsing2, buka2 Tumblr.. Masih dengan mood yg nggak begitu bagus, tapi udah a lot better.. Nggak mau terlalu berlarut2 dalam masalah, dan nggak mau terlalu mikirin masalah Harbin.. Kalo ternyata memang ga bisa ke Harbin, aku udah mantab mau batalin liburan kali ini, meskipun harus rugi karena udah beli tiket PP Suzhou-Beijing-Suzhou. Aku serahkan semuanya ke Tuhan, percaya bahwa Dia tau apa yg terbaik buatku. Benar2 berharap bahwa semuanya itu cuma my birthday prank, tapi aku tau itu sama sekali nggak mungkin, hehe.. Or they were only nightmares & when I opened my eyes the next day, nothing had happened :( Tapi, berpikiran seperti itu hanya berarti aku lari dari kenyataan yg ada.. Satu2nya yg bisa dilakukan hanyalah TO STAY STRONG, as people say I always am C:

January 21st, 2012..

Tiba2, pintu kamarku terbuka, dan aku liat Vivi, salah satu housemates-ku, masuk bersama Dinda yg udah bawa kue, disusul oleh temen2 sekelasku. Yg bikin kaget, ternyata "arus" itu nggak berhenti sampai di wajah2 temen seangkatanku, tapi diterusin oleh wajah2 lain, yaitu junior2 dan senior2 (Ci Dela, Ko Ega & Ka Dhimas). Bener2 gak nyangka!!! FYI yah, ini baru surprise kedua yg aku terima selama 4.5 tahun aku di China, karena ultahku selalu jatuh waktu liburan winter. Surprise yg pertama adalah di tahun pertamaku, itu pun pas jatuh di hari di mana anak2 pada pulang ke Indonesia. Jadi, setelah kasi kue, beberapa jam kemudian mereka langsung dijemput mobil buat ke airport =p Dan tentu saja personilnya cuma temen2 seangkatan, karena waktu itu masih tahun pertama en yg lain udah banyak yg pulang Indo. Sebenernya setelah itu, di tahun 2009, aku juga pernah dapet surprise tapi sebulan setelah ultahku, di saat kita udah balik dari liburan di Indonesia, hahahaha.. Inget banget waktu itu aku dapet birthday cake-nya Hello Kittyy ^___^ Waktu itu yg surprise-in ada 10 orang dan aku jg sama sekali nggak nyangka, karena udah lewat sebulan booo! =D

 Bread Talk's Hello Kitty cake!!

 Di kala kita masih muda =DDD
Miss those moments!

Tapi ultah tahun ini istimewa banget, karena banyaaakk banget yg dateng, rela dingin2 malem2 ujan2 ke apartemenku yg jaraknya alamak jauhnyaa.. Terutama buat junior2 yg tinggalnya di daerah yg tempatnya bagaikan dari ujung ke ujung kalo ke apartemenku.. Serasa nggak lengkap sih, karena banyak jg yg lagi pulang ke Indonesia, tapi seneng karena hampir semua anak yg stay di Suzhou ada di sini :) Bahkan Ka Dhimas dateng jauh2 dari Hangzhou, padahal lg nggak ada gebetannya di sini #oops! =p

Me and my birthday cake :)

Nggak terasa, I'm 23 already!! Sungguh berasa tuaa, hahaha.. Perbedaan birthday cake-nya aja udah sangat obvious, wkwkwkwk..

Sehari sebelumnya tuh, aku bener2 lagi down. Aku ngerasa, ultah tahun ini bakal jadi "the most horrible birthday ever", karena berbagai hal yg terjadi beberapa hari sebelum ultahku :( Aku yg biasanya menanti2kan hari ultahku (karena buat aku, birthday is a special day), kemarin itu bahkan pengen menunda ultahku (kayak bisa aja, hehe), bener2 not in the mood of celebrating anything, particularly, my birthday. Yg ada di otakku waktu itu adalah, "What kind of birthday will it be??". Tapi, semua pikiran itu lenyap ketika mereka semua datang :)



Those people were the ones who've made me start my day with laughter! I really owe you, Guys! :')

Orang sebanyak itu, tapi entah mengapa dan bagaimana, aku bisa ga denger suara apa2 sama sekali, padahal harusnya kan rame2 gitu pasti ada suara2 (biasa lah, nggak bisa diem =D) dan biasanya aku yg paling denger kalo ada suara dari pintu apartemen. Dengan hebatnya, tau2 mereka semua udah nyampe di kamarku tanpa membuat suara sama sekali, weww! =p

Subuh itu, aku tidur dengan senyum mengembang di bibirku #halahh! Hehehe..

Siangnya, aku ada janji sama Sasa mau potong rambut. Tapi gara2 malemnya tidur telat, alhasil bangunnya juga telat, padahal still got so many things to do.. Pas udah mau berangkat, nelpon taksi ga dapet2 pula.. Akhirnya udah pasrah kalo harus naik bus.. Tapi waktu nyampe di gerbang apartemen, tiba2, whuuuusss... Ada taksi lewat, dan kosong!! Haleluyah! Serasa disediakan untukku, hihihi.. Supir taksinya baik hati pula, lalala~

Ternyata yg mau potong banyak juga, ada aku, Sasa, Vietha, Fenny & Mike. Mau Sincia, dan juga karena memang sudah saatnya potong. Entah kenapa, belakangan banyak yg nyuruh aku potong pendek. Biar beda, katanya. Tapi aku takut, karena dari kecil, rambutku selalu panjang (gara2 sering pentas2 nari jadi ga boleh punya rambut pendek). Dan lagi, mukaku tuh lebar nan chubby, jadi aku takut kalo aku potong pendek, mukaku bakal makin terlihat bulaat >.< Rambut itu sangat sangat berpengaruh ke penampilan loh! Makanya ga mau sembarangan potong, selalu deg2an tiap mau potong rambut, hahaha.. *I'm sure every girl knows this, tul ga? =D*
Tapi kali ini aku mau mencoba. Entah karena aku sendiri sebenarnya jg udah bosan sama rambut panjangku yg modelnya itu2 aja, pengen tampil beda, atau karena alasan lain.. Buang sial? Sepertinya bukan kata2 yg tepat. Mau memulai lembaran hidup yg baru? Mungkin lebih tepat. Membuang & melupakan semuanya yg sudah2. Apapun itu, jadilah aku memotong rambutku:


Huwaa, pendek yaaa! Hahahaha.. Tenang, tenang.. Nyali saya tak sebesar itu kok, sampai berani potong drastis gini. Itu cuma bagian depannya ajaa, sengaja buat tipuan =p

Aslinya segini nih:


Hehehe.. How do I look? =) Which one do you like more?

Setelah potong rambut dan jalan2 sebentar, kita pulang. Aku ke apartemen Sasa Thata Vietha buat siap2. I was having a birthday dinner :)
Gara2 telat, akhirnya kita buru2 deh. Aku ga mau & ga suka telat, apalagi I was the birthday girl, masa aku yg telatt?? Tapi pas lagi buru2 siap2, Jervis nelpon. Membawa berita buruk. Tournya ga bisa dapetin tiket kereta buat kita, udah bener2 ludes. Kalo mau naik pesawat, mahal gila euy.. Katanya sih lagi mau diusahain buat bikin tour yg pake bus, tapi masih belom tau bisa dapet busnya nggak. Goshh, it was already less than 24 hours dan nasib liburanku masih nggak jelas! Pas lagi stress2 gitu, Sasa & Vietha ngajakin ikutan mereka ke Guilin instead of Harbin. Daripada nanti akhirnya ternyata liburan malah ga kemana2, mending ikut mereka ke Guilin, katanya. Dan mereka pun berangkatnya 22 Januari pagi, jadi kalo aku memang mau ikut, aku harus segera cari tiket pesawat yg belum tentu masih ada juga! So, the most important thing was, I had to make a decision! Ikut ke Guilin ato nggak. Di sisi lain, Si jervis masih bener2 mau ngusahain cara ke Harbin. Aku bener2 super amat sangat dilemma banget waktu ituuu.. Di satu sisi, pengen jalan2 rame2 bareng mereka, karena kita udah ngerencanain liburan ini dari kemarin2. Tapi di sisi lain, Harbin-nya tuh masih super nggak jelas. Harus tunggu ampe kita udah di Beijing baru bisa dapet keputusan, bisa ke Harbin apa nggak. Resiko banget kan? Nggak lucu banget kalo ampe aku udah di Beijing trus ga jadi ke Harbin :( Akhirnya aku putusin at least cari tiket pesawat ke Guilin dulu. Belum tentu dapet juga.

Setelah cari di internet, ternyata masih ada!! Flight yg sama dengan flight Sa-Vit-Tha-Ci Dela, bahkan dengan harga yg sedikit lebih murah. Padahal tadinya udah pasrah kalo ampe harus beda flight sama mereka. Di saat itu, aku bener2 harus make a decision: Harbin or Guilin or nowhere at all. Pilihan yg terakhir jelas dicoret. Bisa diomelin papa kalo ampe ga jadi pegi >.< Bener2 hectic gilaa waktu itu.. Udah telat, pusing2 masalah liburan, telpon taksi ga dapet2 pula. Akhirnya, dengan cukup berat hati, aku memutuskan untuk pergi ke Guilin. Senang, karena bisa pergi bareng Sasa, Thata, Vietha, dan Ci Dela, tapi gimanaa jg karena ga jadi pergi sama junior2.. It breaks my heart..

Dengan keputusan itu, berarti aku punya jadwal yg extra padat dalam waktu kurang dari 10 jam. Sepulang dari dinner, aku harus packing - yup, aku belum packing =p - trus pagi2 sekali, aku harus ke train station buat ngembaliin tiket kereta yg udah aku beli, trus langsung ke apartemen Sa-Vit-Tha buat ke airport di Shanghai. Di China, tiket kereta yg udah dibeli bisa dibalikin lagi, asal kereta tersebut belum berangkat. Tapi dipotong beberapa persen, tentunya. Aku udah ikhlas kok rugi berapa pun, asal liburan kali ini ga sia2.

I had a lovely dinner with everybody that night. And got many presents! Hihihi.. Again, ultah kemarin memang nggak lengkap karena banyak yg nggak ada, lagi pada menghabiskan liburan di Indo, tapi kehadiran mereka semua yg ada di sini udah sangat cukup mengobati. Dan lagi, meskipun jauh, mereka semua ingat ultahku. Buat aku, ultahku diingat itu lah yg paling penting :) Aku ampe rubah settingan profile Facebook-ku lho, biar tanggal lahirku nggak muncul, padahal tadinya ada. Aku nggak mau orang ngucapin happy birthday ke aku cuma karena diingetin sama Facebook, bukan karena mereka memang inget, hehehe..

Ada mamanya Ko Ega juga =)

With my classmates, my brothers and sisters in China,
The Lovely 2007 Batch ♥

And, you know what? It was snowing that night!! The first snow of the year! What a beautiful birthday, wasn't it? My first White Birthday ;)

Waktu lagi makan, aku duduk di deket mamanya Ko Ega, Dinda, Ko Ega, Jervis, & Ka Dhimas. Ternyata malem itu Ko Ega harus ke train station buat beli kereta ke Shanghai besok paginya. Dia & mamanya mau stay di Shanghai dulu sebelum for good ke Indonesia :( Tadinya dia bersedia bantuin aku balikin tiketku, trus nganterin passport-ku ke rumah (kalo mau beli ato balikin tiket kereta di China harus pake ID), tapi aku ga mau. Rumahku jauuh banget gitu dan dia harus malem2 dingin2 jauh2 ke rumahku demi kepentinganku?? NO WAY. Ga pernah ada di kamus seorang Sylvia Sumitro mau ngerepotin orang segitunya demi kepentingan dirinya sendiri sedangkan dianya "ongkang2 kaki" doang alias ga ngapa2in - kecuali kalo amat sangat dipaksa dan terpaksa sekali =p Aku bilang aku mau ikutan dia ke train station, lagian aku ga bawa passport juga jadi mau ga mau aku harus balik ke apartemen dulu trus nyusul dia ke train station. Parahnya lagi, tiketku ada di Jervis dan dia baru aja keluarin tiket2 itu dr dompet tadi sorenya. Jadi, harus ngambil tiket di tempat dia duluu #tepokjidat. Kok untungnya Ko Ega memang ada perlu, harus taroh barang di tempat Jervis. So, Ko Ega balik ke rumahnya dulu, ambil barang, taroh barang di tempat Jervis skalian ngambilin tiketku, trus ke train station, selagi aku pulang ngambil passport. Ko Ega mau nanyain dulu ke loketnya, bisa ga balikin tiket sekarang instead of besok paginya, karena takut ga keburu (aku harus ke airport di Shanghai). Kalo memang bisa, dia bakal kabarin aku dan aku baru nyusul dia ke train station. Kalo ternyata ga bisa, dia tetep harus ke tempatku buat nganterin tiketku, dan aku ga mau hal itu terjadiii >.<

Sembari nunggu kabar dari Ko Ega, aku packing. Sekitar jam 1 subuh, akhirnya dia ngabarin kalo BISA TUKER SEKARANG, yayy!! Aku langsung telpon taksi buat ke train station, and thank God, dapet supir taksinya yg baaaaiiikkkk bangeeett! The nicest taxi driver I've ever met, you may say. Dan setelah balikin tiket (tanpa menghitung berapa persen uang yg dipotong karena di luar dingin banget en udah malem banget), kita pulang. Ko Ega nganter ampe ke rumahku dulu baru dia pulang. Jadilah perpisahanku dengan Ko Ega berlangsung dramatis, pake salju segala =D Aaaaa, bener2 kehilangan seorang kakak lagiiii, setelah Ko Anto pergi!! Sambil ngetik aja aku udah mau mewek lagi :'( Will miss you a lot, Bro!!

Paginya, waktu aku hitung uangnya, ternyata masing2 cuma dipotong 30 RMB, dari harga awal 530 RMB! Bahkan ga nyampe 10%! Padahal katanya bakal dipotong 10%, dan aku udah pasrah aja daripada harus ke Beijing sia2..

Di ultah tahun ini, banyaak banget hal2 yg terjadi, dan aku pun belajar banyak banget dr hal2 tersebut. Terutama, belajar untuk lebih dan lebih bersyukur lagi. Melalui kejadian2 sebelum hari H, Tuhan tunjukkan aku bahwa I am so loved and blessed. I am blessed, to have so many people to be called friends, even brothers or sisters, people I love, my family. Tuhan tunjukkan betapa Ia mampu menjadikan segala sesuatu yg terlihat buruk pada awalnya, menjadi suatu akhir yg teramat indah. Nggak hanya menyelesaikan semua masalahku, tapi Ia berikan lebih dari yg aku minta. Nicest people, people surrounding me that care about me, and to top it off, a beautiful white birthday!

Status Facebook-ku malam itu:
UNFORGETTABLE BIRTHDAY:
had everyone coming from far far away for my bday surprise late at night in a cold weather. had my hair cut. got my vacation plans changed in the very last minute (from harbin to guilin!!). nice dinner with beloved friends. bday presents. Suzhou's first day of SN♥W (White Birthday!!!). so many blessings through even the smallest things, so much love from my beloved friends. Can't be more grateful!! I am so blessed and overwhelmed! Thank you, Lord, for everything. No words can ever describe how grateful I am. Thank you, guys, for making my day special and memorable. loveyouall ♥
 

January 21st, 2012. I will mark the date forever! The day when I turned 23, the day when God taught me many other things through everything He'd let me through. The day when God turned everything bad into blessings :)

Aku percaya Dia telah mengirimkan supir2 taksi yg baik hati, Fenny yg rela naik motor hujan2 ke Incity buat beliin tiketku ke Guilin, Ko Ega yg rela ngambilin tiketku en nemenin aku balikin tiket, ampe nganter aku pulang, temen2 & keluarga untuk membuatku tersenyum, and again, THE SNOW! :) Tangan Tuhan bekerja dan Kasih-Nya terasa sungguh nyata melalui orang2 di sekitarku..

Thank you for the surprise, thank you for everyone for being the part of my life.. For being so nice to me, for caring about me, for everything.. I am overwhelmed and can't be more grateful.. I love You, Lord, and I love you all ♥

10 comments:

  1. Happy birthday Syl!!! semakin bertumbuh dalam Tuhan, jadi teladan dan berkat buat orang disekitar mu..

    btw, ultah tepat mu tanggal brp syl ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Felisiaa!! Amiiiinnnn :)
      ultahku 21 Januari itu, hehe..

      Delete
  2. Selamat ulang tahun ya Syl...! Ulang tahun yang heboh banget ya tahun ini, hehehehehe. TUHAN berkati kamu luar biasa, banyak yang mengasihi dan menjagamu d^^b

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youu, Megaa ^^ Iyaa, heboh! Haha..
      Amiinn, yes, I am blessed indeed :)

      Delete
  3. Heboh banget ultahmu Syl.... Mbok pikir itu dikit ya orang sing dateng?? buatku walah itu dah banyak banget hehe.

    Terus rencana liburanmu tu hectic banget to. Tapi asyik ya, meskipun hectic toh akhire beres juga to ^^ Ndapapa, besok ke Harbin'e bareng aku Syl!! Haha mimpi & ngayal...but for God nothing is impossible leh.

    Btw, baca blogmu ni kok koe sering banget entuk supir taksi apikan yo? Jan beja-mu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Iyaa, yg kali ini memang banyak bgt Nik.. Cuman, lek ultahku ga pas libur, pasti bakal lebih uakeeh lg, hahaha..

      Amiiinn Nik!! Ke Harbin bareng2, hihihi.. Never stop dreaming! Dreaming is not a sin haha.. And bener, sapa tau emang bisa jd kenyataan, nothing is impossible in God ^^

      Iyaa2, lumayan sering hoki dapet supir taksi apikan.. Tp ya pernah jg piro kali dapet sing super mbencekno, hehe..

      Delete
    2. mbencekno!!! wakakaka. wis suwi gak denger orang ngomong gitu :P

      Delete
  4. Eh aku suka potonganmu oq hihihihi ^^ Emang ketok chubby sih, tapi tetep apik. Cute! >.< pingin ta jiwit2 pipine hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aww, thank youuu.. Hehe.. Iya nih, ga tau po'o, akeh sing bilang aku apikan pendek >.<

      Delete