Friday, March 16, 2012

Internship: Pediatrics

Menepati janjiku yg kemarin, maka hari ini aku mau bercerita tentang dunia internship yg baru (atau "telah"?) kujalani selama 4 minggu ini, hehe..

Untuk internship ini, setiap kelompok beranggotakan 2-3 orang, dan setiap kelompok punya jadwal internship masing2, kapan harus internship di departemen apa untuk kurun waktu berapa lama. Temen sekelompokku namanya Adinda. Dan waktu dapet jadwal internshipnya, aku cukup merasa, "Sesuatu banget!" hahaha.. Kenapa? Karena jadwal pertamaku selama 4 minggu pertama adalah di rumah sakit anak, which I love. Yup, aku memang ada bayangan ingin melanjutkan ke bidang yg berhubungan dengan anak2, because I love kids :)

Rumah sakit anak ini lokasinya berbeda dengan rumah sakit umum. Kata senior2 sih, masa2 internship di RS anak tuh cukup berat, karena peraturan dan guru2nya cukup strict dan tugasnya yg paling banyak, yaitu ngumpulin 3 report tiap minggunya, 2 dalam bahasa inggris dan 1 dalam bahasa mandarin (di RS umumnya cuma 1 report tiap minggunya). Trus tiap selesai satu departemen ada ujiannya gitu. Di RS anak ini kita ditempatin di 2 departemen, masing2 departemen berdurasi selama 2 minggu. Ini diundi juga, tiap kelompok ditugaskan di departemen apa aja. Dan kelompokku dapet Respiratory (penapasan) dan Cardiovascular (jantung). Awalnya sih cukup shock dan kecewa, karena nggak dapet Neonatal (tempat bayi2 yg baru brojol yg punya penyakit/kelainan dirawat), padahal pengen banget di sana karena aku cinta bayi2, hehehe.. Dan udah mikir yg aneh2, bahwa it was gonna be tough, karena dua2nya departemen interna yg cukup berat sepertinya.. Tapi apa boleh buat, nasib berkata demikian, hehehe..

Jadilah aku 2 minggu pertama di bagian Respiratory. Tutor aku namanya Mr. Wang Yuqing (王宇清). Orangnya baik dan sangat helpful, berjiwa guru sekali, selalu jelasin penyakit2 dengan lengkap. 95% pasiennya adalah penderita Pneumonia (kalo kata orang, paru2 basah), terutama karena lg musim winter, dimana memang kebanyakan penyakit ini munculnya waktu lg spring dan winter.
Secara kebetulan, keponakanku waktu itu lg sakit, dan dicurigai kena Bronchopneumonia, salah satu jenis dr Pneumonia. Ceritanya panjang deh, singkatnya, sekarang keponakanku udah nggak kenapa2 (puji Tuhan), dan aku jadi makin bete bin nggak sreg ama kedokteran Indonesia. Secara, aku lagi koas di Respiratory yg kebanyakan pasiennya penyakitnya ya kayak yg Mikael - keponakanku - derita, jadi aku tau semuanya, mulai dr gejala sampai penanganannya gimana. Dan kalo aku bandingin sih, bener2 dehh.. Indo tuh lelet dan nggak spesifik pemeriksaannya.. Aku nggak mau membahas lebih lanjut sih sepertinya, secara aku jg nggak gitu tau seluk-beluk kedokteran Indonesia, cuma dr pengamatan selama Mika sakit kemarin dan pengalaman2 serta cerita2 dari banyak orang..

Dua minggu bukanlah waktu yg lama. I hate it when I was getting along quite well in that department, then I had to move to the other department. Minggu pertama adalah minggu pengenalan dan penyesuaian, dan ketika kita udah mulai nyaman dan enjoy di sana, ehh, udah waktunya buat pindah ke departemen lain. Cape deehh..

Hari terakhir di Respiratory, aku harus ujian dulu sebelum pindah ke Cardiovascular. Nggak ngerti deh ujiannya bakal kayak gimana, soalnya tiap departemen tuh ujiannya beda2, bener2 tergantung gurunya, suka2 mereka. Untuuungg banget, tutorku tersayang itu baik banget.. Dia cuma kasi 1 pertanyaan (clinical manifestations of Mycoplasma and RSV infections) trus beres deh! Hihihi.. Yg di departemen lain ada yg teori jg, ada yg disuru praktekkin cara periksa pasien dan anamnesa (pengumpulan data waktu ada pasien baru yg baru mau di-opname).

Sebelum masuk ke Cardiovascular, aku udah denger2 kalo katanya di sana dokter2nya baik2 banget. Dan ternyata kabar itu benar adanya! Dokter2nya, mulai dr yg pangkatnya paling atas (Director) ampe paling bawah (post-graduate students) semuanya baik2 banget. Serasa diterima di dalam "keluarga" mereka gitu, hehe.. Meskipun selama di departemen ini tutor kita nggak gitu jelas siapa (nggak kayak di Respiratory), tp semuanya baik dan mau ngajarin kita. Jd berasa punya banyak tutor dan itu asyik banget! Hehe.. Ada salah satu tutorku yg mengingatkan aku sama mama. Namanya Sunling (孙凌). Umurnya sekitar 40-50an gitu (seumuran mamaku dulu), rambutnya panjang, agak keriting, sabar, baik dan keibuan banget. Tiap liat dia bener2 bikin inget sama mama. Tadi pagi sempet, waktu dia lg periksa salah seorang anak kecil, rasanya aku pengen peluk dia! Tapi tentu aja nggak aku lakuin =p Mungkin jg karena hari ini adalah hari ultah Mama, makanya bikin aku makin kangen sama mama =)

Hari pertama di Cardiovascular udah disuruh liat operasi, yayy!! Bukan operasi gede memang, cuma cardiac catheterization untuk treatment bagi penderita kelainan jantung bawaan (Congenital Heart Defect) seperti ASD (Atrial Septal Defect), VSD (Ventricular Septal Defect), PDA (Patent Ductus Arteriosus), CoA (Coarctation of Aorta), dll. Tapi lumayan banget lahh..


Overall, memang bener bahwa di RS anak tuh cape banget.. Tiap pagi harus ward round, dan karena kamar & pasiennya banyak, jd ward round-nya lamaaaa bangett.. Dari jam 8an ampe jam 11an. Tiap pagi kita ward round periksain sekitar 60 pasien lebih! Pegel gilaa selama di RS anak, gara2 kebanyakan berdiri tiap pagi, belum lg kalo lagi liat operasi. Paginya berdiri selama 2-3 jam, sorenya 4 jam >.< Tapi, biar cape, tapi aku enjoy banget! Nggak tau apa karena masih awal2 internship jadi masih semangat, atau karena lg di RS anak yg memang aku suka, yg pasti aku berharap aku bisa terus mempertahankan semangatku ini sampai selesai masa internshipku nanti. Amin :)
Dan meskipun cape, tapi seneng, karena tiap hari ketemunya sama anak2 mulu, hihihi..

Aku seneng banget di RS anak ini karena aku belajar banyak. Seminggu bisa ada beberapa kali lecture gitu yg membahas tentang penyakit2 tertentu. All in full chinese. Ada dua lectures doang yg pake bahasa inggris. Tapi tetep enjoy, hehe.. Puas rasanya kalo ada sesuatu - apalagi banyak - yg didapet..

Hari ini aku ujian. Ujian yg cukup bikin deg2an karena ujian terakhir di RS anak, dan lagi2 kita nggak tau bakal kayak gimana ujiannya. Denger2 sih ujian akhirnya beda ama ujian di departemen pertama. Semua teori yg aku dapet selama di departemen jantung dan prakteknya aku pelajarin semua, preparing for the worst. Yg diuji duluan Si Dinda. Dia ditanyain teori gitu. Aku sih lumayan berharap teori aja soalnya aku udah belajar dan kalo disuruh anamnesa pasien kan ngomongnya harus pake full chinese ke pasiennya, hehe.. Ehhh, ternyata waktu giliranku, aku disuruh periksa & anamnesa -.-" Yaudah, gak papa. I did the best I could, hehe.. Disuruh anamnesa (chief complaint & history of present illness), dengerin suara jantung & paru2nya pake stethoscope (auscultation), nentuin apa pemeriksaan selanjutnya, dan mendiagnosis awal penyakitnya sesuai dengan gejala & tanda2 yg ada. Ditanya jg differential diagnosis dan obat2annya. Thank God it all went well =)

Ada cerita dari departemen Neonatal nih.. Menurut Klara, temenku yg kebagian di Neonatal, gurunya jahat banget. Kebetulan dia dapet dokter yg galak soalnya, padahal nggak semua dokter di neonatal tuh galak ternyata. Di hari pertama aja dia udah dimarah2in gitu. Makanya dari hari pertama internship aku udah bersyukur nggak ditempatin di Neonatal =p Tapi waktu lg di dept.jantung, aku banyak berkunjung ke Neonatal. Kasian deh mereka, masih kecil2 baru lahir udah punya penyakit macem2 :( Ada yg paling ringan kayak neonatal jaundice (bayi kuning) sampe yg cacat bawaan yg nggak bisa disembuhin :'(
Di sanalah aku bertemu dengan "Bayi No. 20". Si bayi no.20 ini tadinya sakit pneumonia dan udah dirawat di sana sejak usia 15 hari. Dan sebenernya dari 14 Februari lalu dia udah sembuh, udah bisa dibawa pulang. Tapi orangtuanya nggak bisa dihubungin. Telepon nggak nyambung dan alamatnya invalid!! He is abandoned by his parents!! Dia tuh anak kesayangan temenku, Si Fenny, juga hampir semua perawat yg ada di sana.. Dia lucu bangettt.. And, very soon, he's become my favorite, as well. Apalagi setelah gendong2 dia, dan dia udah bisa senyum! Aku disenyumin 3x hari itu, duuuhhh rasanya makin sayangg.. Sore itu, waktu udah di rumah, aku udah kangen aja ama dia.. Ternyata setelah bergosip sama murid intern Chinese dan suster2 di sana, aku jadi tau bahwa rupanya alasan dia dibuang oleh ortunya adalah karena dia tuh anak hasil hubungan mamanya sama pria lain yg bukan suaminya! Taunya gr2 golongan darah si anak beda sama golongan darah mereka.. Makanya suaminya nggak mau ambil anak ini, dan cewe ini kayaknya nggak punya uang gitu.. Gosipnya sih mereka berdua bahkan mau cerai.. Intinya, yg jadi korban ya anak ini..

Lucu kaaaannn???
Namanya 王俊宇 (Wang Jun Yu)

He has stollen my heart.. Dan sekarang aku ga bakalan ketemu dia lg. Nggak tau nanti nasibnya bakal gimana.. Seandainya gedein anak ngga butuh biaya dan cuma butuh cinta.. Pasti udah aku bawa pulang sekarang.. Hehe.. Trus peraturan di Cina bilang, kalo mau adopsi anak harus udah nikah & pasangan tersebut nggak bisa atau udah nggak bisa punya anak sendiri. Ngga tau yah kalo ternyata di mana2 peraturannya jg kayak gitu, make sense sih menurutku. Harus bisa menjamin bahwa kehidupan si anak bakal terjamin..
Tadi waktu mau ninggalin dia.. Beraaaattt bangeet.. Udah terlanjur sayang :( :( :(

Tadinya malah ada satu bayi lg yg mau dibuang jg sama ortunya, karena alasan finansial. Tapi untung nggak jadi dan udah diambil sama keluarganya.. Padahal bayi itu tuh bayi favoritnya Sasa, temenku yg satu lg. Lucu jugaa..

Cuma berharap yg terbaik buat Wang Jun Yu, dan anak2 lain yg bernasib sama seperti dia.. I just want him to know that so many people love him. Just simply want him to know that HE IS LOVED. Makanya, selama gendong2 dia aku suka ngomong sama dia kalo kita semua sayang sama dia.. Yah, meskipun dia nggak ngerti juga sih omongan gue, hehe.. Pokoknya cuma pengen dia tau aja.. Berharap dia bakal tumbuh jadi anak yg baik.. Banyak banget harapan2nya, termasuk pengen ketemu dia lg someday, liat dia gedenya kayak gimana, hehe..
Waktu liat history-nya dia, ternyata dia tanggal lahirnya cuman beda sehari sama aku! He was born on January 20th, 2012 :D Kata intern Cina sih berarti kita berjodoh.. Moga2 aja ya, Nak, jadi nanti kita bisa ketemu lg :')

Semoga Tuhan pelihara mereka2 yg terbuang dan pulihkan hati mereka.. Untuk ortu2 yg ngebuang anak2 mereka, aku sama sekali nggak mau nge-judge. They must have their own reasons, and I don't have the rights to judge. Just hoping that I won't do the same in my life. Ever.

Sekian untuk kisah internship di bulan pertama.. Nantikan kisah internship selanjutnya, hehehe.. Doain gue tetep semangat yak! ^^

2 comments:

  1. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    Saat kamu menemui batu sandungan janganlah kamu ptus asa,
    karena semua itu pasti akan ada solusinya.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    ReplyDelete