Friday, July 27, 2012

The Three Musketeers of XJTLU

Sempet absen selama berbulan-bulan dari dunia scrapbooking (karena sibuk, laptop rusak, dan nggak ada special project yang menginspirasi, hehehe) bikin aku rinduu sama kegiatan ini, hehehe.. Setelah aku punya laptop baru *yayy!* dan waktu itu ada sebuah "project" yang mau aku kerjain, akhirnya aku sempet bikin beberapa scrapbook pages. Tapi karena satu dan lain hal, aku memutuskan untuk tidak meneruskan project ini :(

Anyway, sayang kalo udah dibikin trus nggak dinikmati, setujuu? Hehehe.. Makanya saya mau share satu scrapbook page yang kemarin aku bikin. Tapi satu aja, yang lain biar aku dan Tuhan saja yang tau :D (karena project-nya masih rahasia, dan batal pula). Yang satu ini nggak rahasia, jadi gatel kalo disimpen sendiri, hahaha.. Selain karena daku narsis (pamer-pamer hasil karya sendiri), tapi juga karena di hari ini, sesuatu yang spesial terjadi :)

Beberapa waktu lalu, Ci S bikin program Scrappy Challenge, salah satunya adalah Faithbooking. Faithbooking itu adalah scrapbooking yang maksud dan tujuannya kurang lebih adalah untuk tell the world about God's works through our scrapbook page. Aku pernah ikut faithbooking challenge ini 1x, sayang waktu itu aku salah konsep >.< Karena aku selesaiin faithbook page-ku mepet dari batas waktu yang ditentukan dan udah ga punya waktu buat mikirin konsep yang lain kemudian bikin page yang baru, jadi yasudahlah, kurelakan saja untuk kembali tidak berpartisipasi dalam challenge kali itu, hehe.. Tapi bukan Ci S namanya kalo nggak baik hati dan kasi kejutan, huehehe.. Diriku tetep dapet hadiah, lalalala *senang*

Ini dia faithbook page-nya:

Scrapbook kit: Woodland Fall by Kay Miller Designs

"Have I not commanded you? Be strong and courageous. Do not be terrified; do not be discouraged; for the Lord your God will be with you wherever you go." (Joshua 1:9)

Faithbook page ini aku buat khusus dipersembahkan untuk ketiga orang temanku yang ada di foto itu. The Three Musketeers: Denny, Evan, Edward, yang hari ini namanya resmi bertambah panjang. Ya, today is their graduation day! *yayy!!*

Foto tersebut diambil di acara farewell dinner yang kita adakan untuk mereka sebelum semuanya liburan pulang ke rumah masing-masing di Indonesia. Waktu itu, beberapa orang menjemput mereka di McD deket apartemen naik 3 motor yang udah "didandanin" pake kaleng-kaleng bekas (biar berisik alay gimana gitu pas motornya lewat) dan ditempelin tulisan "Ju57 6124Du4t3D" (foto kiri bawah di page). Hayooo, yang alaayy, bisa baca gaa? Hahahaha.. Maksudnya ntuh "Just Graduated" gituuh.. Sementara itu, yang lain udah siap-siap menyambut mereka di halaman depan hotel tempat kita mau dinner ala fans yang lagi nungguin selebriti pujaan lewat *hoeks*. Hotelnya di depan danau loh (Four Point Hotel by Sheraton), keren lah pokoknya =p Setelah mereka turun dari motor, kita pakein mereka selempang ala beauty pageants yang bertuliskan, "我毕业了!" (baca: "wo biye le!"), yang artinya, "Saya lulus!" dalam bahasa mandarin hehehe.. Kita suruh mereka pake terus tuh selempangan selama dinner, biar diliat ama orang-orang lokal yang lagi dinner di sana juga, wkwkwk.. *sayangnya ada seseorang yang bandel dan ga menuruti perintah* *memandang dengan tatapan membunuh*

Alasanku pakai Bible verse itu adalah karena menurutku itu cocok untuk mereka yang baru aja lulus. Sekaligus, sebagai doa dan penyemangat dariku buat mereka. No matter what you'll do, wherever you'll go, always remember that God will always be with you. Jangan takut dan menyerah, perjalananmu masih panjang.


Buat Evan, Edwart, Denny:

Hari ini, tiga orang mahasiswa Indonesia pertama di Xi'An Jiaotong Liverpool University telah berhasil menyelesaikan 4 tahun masa studi mereka dengan sangat baik. Dan kami sebagai keluarga besar SISC turut bangga dan senang atas keberhasilan mereka. Di Suzhou, kelulusan berarti perpisahan. Sedih, itu pasti, karena bisa jadi kita nggak akan punya kesempatan untuk ketemu lagi setelah ini. Tapi, bahagia itu juga terasa di dalam hati. Karena kita adalah teman, keluarga, dan ketika seorang teman dan keluarga kita berhasil, tentu kita juga ikut merasakan kebahagiannya. Terutama, bahagia karena meskipun cuma beberapa tahun, tapi kita boleh dipertemukan dan menjadi bagian dari hidup satu sama lain :)


Congratulations to all graduates:
Evan Surya Kusuma, B.Eng
Nicholas Denny Pranoto, B.Sc
Edwart Chaya Cahyadi, B.Sc


Sukses yah, Masbro.. I know you all will do good. Jangan malu-maluin lulusan Suzhou, apalagi Liverpool University, hahaha *padahal gue bukan murid sono, just a mere Liverpudlian wkwkwk* :D

Someday, when we look back to the time we've spent together here in Suzhou, we'll be able to smile and say, "I've met the best people and had the best time of my life" =')

Graduation is not the end.. Instead, it's the beginning. 



Nih bonus:
HAHAHA..



P.S.: What do you think about the scrapbook page? Susah banget untuk nemuin kembali inspirasi buat bikin scrapbook page, apalagi pada dasarnya aku bukanlah orang yang kreatif, hehehe >.< Kritik dan saran ditunggu di box comments yah, teman-teman ^^

Wednesday, July 25, 2012

A New Website For Doctors or Soon-To-Be-doctors

I'm here now to introduce you a new website.. www.pointdoctor.com.

Yesterday, a senior of mine - Ko Ega, he's graduated last January - texted me. He asked if I would join this new website. So, what is it about?

www.pointdoctor.com is a brand new website created by doctors for doctors. It aims to be a place where young and internet-user doctors can gather, ask questions, share informations (eg.: simposia, seminars workshops,), give and/or find job vacancies, anything about medical field. It's just like Facebook for doctors :p You can also write posts just like blogging.

Because it's a new website (I don't know when it's established exactly, but my senior who is a "helper" on the website joined it on June 28, 2012, which means only a month ago), not too many stuffs are there YET. Most administrators of the website are the alumni of medical faculty of Unika Atma Jaya, which explains why the members mostly are/were students of  medical faculty of Unika Atma Jaya, too. But it keeps on growing :)


So, if you are a medical student (being at least in the fourth year of your study and doing your internship), a resident, a General Practitioner, or a specialist, please kindly join this website and invite your friends as well. It's still new, but hopefully it will have a good prospect in the future. Let's make friends, broaden your knowledge, and maybe find your next medical career! :)

Exploring China: Xi'An

Welcome back to "Exploring China" 2nd edition! LOL

Kali ini aku mau cerita tentang perjalananku ke Xi'An tahun lalu, bareng ama 2 temen, yaitu Melisa & Jovita.

Temen-temen pada tau Xi'An nggak? Terracotta tau kan? Yang ada di film The Mummy 3: Tomb of The Dragon Emperor itu lho, hehehe.. Nah, buat yang nggak tahu, Terracotta itu terletak di Xi'An, Shaanxi, China.

The Famous Terracotta Warriors

Liburanku ke Xi'An ini bisa dibilang mendadak banget, karena tadinya aku & Melisa pengen ke Jiuzhaigou, bukan Xi'An. Tapi karena kesibukan kita berdua dalam mempersiapkan ujian akhir semester yang rese-rese itu, kita nggak sempet prepare apa-apa. Mikirnya ntar aja abis kelar ujian, toh kita juga udah berpengalaman dalam backpacking gini, aku udah beberapa kali pergi jalan-jalan ke kota-kota lain tanpa ikut tour. Tapi ternyataa.. Harga tiket ke Jiuzhaigou mahal banget.. Jalan darat maupun jalan udara, dua-duanya sama-sama mahal. We didn't expect that. Padahal aku udah pengeen banget ke Jiuzhaigou, karena Jiuzhaigou masuk ke dalam daftar "places I must visit in China"-ku, dan ternyata kata-kata orang-orang, ke Jiuzhaigou itu memang mahal, karena itu tempat wisata yang bagus banget dan akses ke sana belum begitu mudah. Meskipun begitu, aku & Melle tetep aja ngerasa bersalah, kita mikirnya, kalo dari jauh-jauh hari udah plan & cari-cari tiket, siapa tahu kita bisa dapetin yang lebih murah? Karena terkesan maksa dan nggak matang persiapannya, dan ke Jiuzhaigou terlihat seperti perjalanan yang lebih ribet daripada ke kota-kota yang lain, akhirnya kita memutuskan untuk menunda impian kita ke Jiuzhaigou (sampai pada batas yang belum ditentukan =[ ).

Tiba-tiba Melle bilang, temen kita yang ada di Nanjing, Jovita (Jojo), ngajak ke Xi'An. Xi'An bagi Jojo adalah seperti Jiuzhaigou bagiku, hehe.. Dia udah lama pengen banget ke Xi'An. Setelah berpikir-pikir dengan masak, menimbang-nimbang dengan neraca pegas *apaan sih ini?!* akhirnya aku & Melle memutuskan untuk pergi ke Xi'An aja. Daripada liburan nggak kemana-mana, dari yang tadinya mau pergi ke Jiuzhaigou & mungkin Chengdu, masa berakhir menjadi liburan yang cuma-stay-di-dorm-doang? Lagipula, Xi'An adalah salah satu kota di Cina yang harus didatengin juga, karena Terracotta-nya itu (punya sesuatu yang nggak bisa dijumpai di kota-kota manapun), cuman aku nggak gitu tertarik karena aku lebih attracted to sceneries daripada tempat-tempat bersejarah, hehe..

Itupun termasuk hoki juga kita masih bisa dapet tiket ke Xi'An. Perlu diingat, teman-teman, kalo mau jalan-jalan di Cina, rencanakan dengan matang dari jauh-jauh hari, terutama masalah tiket dan akomodasi. Masalah ntar di sananya mau jalan-jalan kemana mah atur aja sendiri, sehari browsing di internet juga jadi. Masalahnya, this is China, negara yang penduduknya paling banyak di dunia. Semuanya serba bersaing di sini, termasuk kalo mau liburan, hahaha..

Untuk ke Xi'An, aku harus ke Nanjing dulu. Dari Nanjing, kita bertiga naik kereta ke sebuah kota kecil bernama Zengzhou untuk "transit", baru setelah itu bisa lanjut lagi ke Xi'An. That was the only way we could get to Xi'An. Nggak ada kereta cepet, nggak ada yang langsung nyampe juga. But, God bless China, yang punya fasilitas serba oke, murah meriah.

Me & Melisa
Keretanya kayak gitu. Nggak jelas sih, tapi kurang lebih keliatan kan kalo bersih dan kursinya cukup nyaman. Yang pasti, kereta di Cina nggak goyang-goyang dan berisik kayak kereta api Indo =P Paling-paling, berdoa aja nggak duduk deket orang lokal yang jorok, ewhhh...

Di Xi'An, kita nginep di Shuyuan Youth Hostel. Saran lagi, bagi kamu-kamu yang masih muda dan mau jalan-jalan dengan biaya yang murah, kemana-mana nginepnya di hostel aja. Aku nggak pernah nggak nginep di hostel selama aku jalan-jalan di Cina. Murah dan bersih kok. Kan kita anak-anak muda *ceileh* nggak butuh tempat penginapan yang bagus-bagus, yang penting nyaman & bersih, nggak gatel-gatel aps tidur dan nggak bikin nggak pengen mandi seminggu gara-gara kamar mandi yang jorok, hehe.. Meskipun banyak hostel yang kamar mandinya nggak di dalam kamar, tapi bukan berarti nggak bersih kok. Tenang, aku juga paling nggak bisa kalo kamar mandi jorok, tapi, so far, I survived! Hahaha.. Belum pernah dikecewakan sama hostel. Browse di internet aja, praktis banget. Liat review-review dari orang-orang tentang hostel tersebut, demi memastikan kepuasan kamu. International hostels tuh biasanya punya standard kok, makanya so far sih tidak mengecewakan. Keuntungan lagi dari tinggal di hostel adalah kita bisa nambah temen (sesama tamu di hostel tersebut), secara kebanyakan yang nginep di hostel tuh foreigners kayak kita. Dan resepsionisnya pasti bisa ngomong bahasa inggris, jadi nggak usah takut! Banyak juga info-info tentang tur lokal, spot wisata atau pertunjukan apa aja yang menarik di kota tersebut. So, highly recommended! Hehe..

Shuyuan Youth Hostel, Xi'An, ini lokasinya strategis banget. Deket buanget nget ngett sama City Wall dan pusat perbelanjaan kota (pedestrian street).

Bell Tower, salah satu tempat wisata di Xi'An yang kami lewati setiap harinya karena lokasinya yang sangat berdekatan dari hostel tempat kami menginap. Tinggal jalan sedikit lagi dan sampai lah di pusat perbelanjaan (pedestrian street) Xi'An.

Bell Tower at night

Bayangin benteng-benteng yang ada di film-film perang Cina jaman dulu. Udah? Sekarang bayangin sebuah kota dikelilingi oleh sebuah benteng yang berfungsi untuk melindungi kota tersebut. Udah? That's Xi'An. Sampai sekarang pun benteng tersebut masih dipertahankan, terkenal dan menjadi salah satu spot wisata yang bernama City Wall tersebut.

City Wall
Inilah benteng yang mengelilingi kota Xi'An. Cool, eh?



1. City Wall

Sebagai benteng yang mengelilingi kota Xi'An, City Wall bukan hanya menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi masyarakat Xi'An, tapi juga menjadikannya sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi turis yang datang ke Xi'An.

Me in front of the front gate of City Wall

Jadi, selain liat-liat dan foto-foto di City Wall, what else? Jangan sedih. Kita bisa menyewa sepeda di atas City Wall dan mengelilingi kota Xi'An dari atas benteng ini. Yang ini kita bisa langsung pergi dan explore sendiri, nggak perlu ikutan city tour segala.

Ada becak-becakan jaman dulu tapi kayaknya nggak disewain

Bersepeda pagi-pagi di atas City Wall, #sesuatubanget! Hahaha

Menggunakan istirahat hanya untuk berfoto, hihihi..

Hostel kami, difoto dari atas City Wall. Deket bangeett kan sama City Wall.. Depannya model bangunan Cina2 kuno gitu, keliatannya sempit, kecil, tapi dalemnya puanjaang ampe ke belakang boww.. *promosi*

It took us about 2.5 hours to go around the city, but we did it! Capek, berkeringat, lapar, tapi fun! :D



2. Terracotta

Kalo ke Xi'An nggak mengunjungi Terracotta sih, NGAPAIN KE XI'AN??!! Hahahaha..

Xi'An = Terracotta = Xi'An.

There are thousands of terra cotta warriors.

Terracotta ini masih dalam proses penggalian dan pembentukan/reparasi ulang, lho! Serius lo Syl, dari dulu ampe sekarang tuh masih dalam proses penggalian dan pembentukan?? Yup. Soalnya Terracotta ini kan tadinya terkubur dalam tanah selama ratusan tahun (yang selama masa pembuatannya telah memakan ribuan korban jiwa), makanya masih harus terus digali, dicari, dan patung-patung yang rusak-rusak itu dibenerin lagi, potongan-potongan badan yang masih bisa diselamatkan ditempelin lagi jadi satu. Bayangin! Bisa gila gue kayaknya kalo disuruh ngerjain begituan. Tapi proses ini nggak dilakukan sama sembarangan orang! Banyak ahli-ahli yang berbondong-bondong datang dari luar negeri untuk ngerjain proyek Terracotta ini. Whew!

Jujur, aku nggak terlalu gimana-gimana sama Terracotta. Juga nggak terlalu enjoy ampe gimanaa gitu pas ke museumnya. Tapi buat orang-orang yang demen sama hal-hal beginian, ini menarik banget. Temenku Si Cing2 girangnya bukan main waktu dapet tugas jadi tour guide ke Xi'An, sama girangnya kayak Si Jojo yang emang udah ngebet banget ke Xi'An, wkwkwk.. Di Terracotta ini nggak terlalu banyak foto-foto karena kalo nggak salah ada spot-spot tertentu yang nggak boleh foto (kalo nggak salah inget), lagipula tempatnya gelap gitu, males deh pokoknya =P Yang penting aku bisa bilang ke dunia bahwa GUE UDAH LIAT TERRACOTTA! Huahahaha..



Sebenernya masih banyak sih tempat-tempat wisata di Xi'An kalo kalian google, tapi kita nggak pegiin semua, cuman yang penting-penting aja. Bell Tower, misalnya. Karena udah keseringan lewat sana, akhirnya kita nggak tertarik untuk bener-bener masuk, cuman lewat pinggir-pinggirnya dan menikmati keindahannya pas malem aja udah cukup buat kita, hahahha.. Sore-sore ato malem setelah seharian jalan-jalan, kita biasanya jalan-jalan di pedestrian street, mentok-mentoknya makan. Nggak belanja, karena barang-barangnya bisa kita temuin di Suzhou dan Nanjing.

Karena nginep di hostel, kita jadi tahu bahwa di Xi'An ada sebuah pertunjukan yang juga nggak boleh dilewatin, yaitu Tang Dynasty Show. Pertunjukan ini adalah sebuah pertunjukan seni, yang kebanyakan adalah tarian dan musik dari Dinasti Tang. Untuk nonton pertunjukan ini kita musti booking tiketnya. Nah, di Shuyuan Youth Hostel ini kita bisa booking tiket, udah termasuk sama fasilitas anter-jemput dari dan ke tempat pertunjukannya.

 

Kita sukaa dan enjoooyy banget nonton pertunjukan ini, terutama buat aku yang suka nari en pernah beberapa tahun menarikan tari-tarian tradisional Cina di sanggar cici sepupuku, dan Jojo yang pemain kecapi. Bagus bangeet.. Lebih enjoy nonton Tang Dynasty Show daripada Terracotta, wkwkwk..



Kita bertiga termasuk sangat beruntung, karena pas kita di Xi'An, kebetulan banget lagi ada World Agricultural Expo! World Agricultural Expo ini konsepnya sama kayak Shanghai World Expo 2010, yaitu tiap-tiap negara membuat sebuah bangunan yang dalemnya berisi informasi-informasi tentang negara yang bersangkutan. Ajang show off dan promosi negara lah.. Tapi bedanya, World Agricultural Expo ini konsepnya adalah dengan bikin taman.

Taipei, Taiwan

The Philipines

Germany

New Zealand

Mungkin kalian liat, itu aku lagi naik sepeda. Yup! Di expo ini kita juga bisa sewa sepeda! Jadi kita bisa muter-muterin seluruh area expo naik sepeda. Kalo mau turun jalan-jalan juga bisa, ada tempat parkirnya, nanti kalo mau pake tinggal diambil lagi.

Dikasih peta seluruh area expo, jadi kita tinggal tentuin mau kemana, trus explore sendiri deh! Bener-bener kayak berpetualang naik sepeda, hahaha..

Kalo mau liat foto-foto lengkapnya, buka INI aja ya..

Gimana nggak ngerasa hokii.. Pas ada World Expo, diadainnya di Shanghai. Aku pergi tiga kali (karena beda ama World Agricultural Expo yang bisa diabisin cuman dalam waktu sehari, World Expo nggak akan habis dikunjungi semua bahkan kalo kita pegi selama seminggu!) ampe jadi item banget kulitku waktu itu, ampe udah disuruh luluran saking itemnya, wkwkwwk.. Ehh, pas ada Agricultural World Expo, kok ya pas kita lagi di Xi'An, hihihi..



Begitulah kisah liburanku di Xi'An.. Kita stay di sana selama 3 hari. Cukup kok, nggak perlu lama-lama. Trus, karena nggak dapet tiket, kita pulang ke Suzhou naik kereta yang pelan, selama kurang lebih 20 jam!! Tapi sekali lagi aku bersyukur bahwa meskipun keretanya yang kelas bawah, tetep aja, lumayan bersih.. Paling nggak enaknya ya bangkunya aja, nggak seempuk kereta kelas yang di atasnya, ama nggak bisa tiduran karena kereta tidurnya udah ludes tiketnyaa >.<

Kesanku selama di Xi'An: it felt like going to a cycling vacation!!! Berasa tiada hari tanpa sepedaan di Xi'An, dan aku sungguh amat sangat berterima kasih sama Tuhan dan sama diriku sendiri yang selama tahun-tahun awalku di Cina sudah mau berusaha untuk BELAJAR NAIK SEPEDA. Ya, aku baru bisa naik sepeda setelah aku ke Cina =p Coba kalo aku nggak bisa sepedaan??? Selama di Xi'An kayaknya aku bakalan cengo en garuk-garuk tanah doang deh, huahahaha.. So, buat temen-temen yang nggak bisa sepedaan....... Jangan ke Xi'An! Hahaha.. Nggak lah, paling ya nggak bisa sepedaan ngelilingin City Wall aja kok, hehe.. Kan Agricultural World Expo-nya udah nggak ada..


Xi'An, sebuah kota berkembang yang masih menjaga keindahan dan kelestarian budaya Cina kuno..




Sources of pictures:
Google
http://onlinechinatravel.com
http://topchinatravel.com

Tuesday, July 24, 2012

Sepenggal Memori

NB: Post ini ditulis pada suatu hari di bulan Juni 2012..




Dari kecil, aku bangga sekali terhadap orang tuaku. Aku punya mama yang paling cantik sedunia dan papa yang paling pintar sedunia. Mama selalu datang ke sekolah untuk menerima raporku setiap cawu-nya, mulai dari sewaktu aku masih TK sampai sekarang. Dan setiap kali mama datang ke sekolah, aku selalu dengan bangga memperkenalkan dia pada semua orang yang kukenal, baik teman-temanku maupun guru-guruku. Seperti sekarang ini. Mama sedang duduk di dekat tangga menuju ke kelasku yang terletak di lantai dua. Kelas XI-C. Tak seperti biasanya, mama tidak langsung menuju ke tempat di mana kelasku berada. Aku pun bergegas menyuruhnya untuk bangkit berdiri dan segera menaiki tangga. "Ayo, Ma, kita naik!" Seperti biasa, aku sudah tak sabar untuk berjalan bersama mamaku yang paling cantik sedunia di depan teman-temanku.

----------------------------------------------------------------------

Kejadian di atas adalah sepenggal memori dari masa SMP-ku. Tadi, ketika aku sedang di atas motor listrikku hendak menuju ke apartemen yang kusewa, tiba-tiba saja sepenggal memori itu terlintas dalam pikiranku. Out of nowhere banget, ya, nggak ada apa-apa tiba-tiba teringat akan kejadian itu. Aku lalu jadi teringat akan sesuatu dan membuatku berpikir...

Waktu itu, aku kelas XI (2 SMP). Berarti saat itu, mama sudah sedang mengidap penyakit tersebut. Mama tampak tidak seperti biasanya. Apakah saat itu mama sedang merasakan sakit? Capek? Atau malu? Karena ia merasa ia sedang sakit dan tidak sedang berpenampilan baik? Tidak pernah mama hanya duduk diam dan tidak bergegas menuju ke ruang kelasku. Seperti tidak percaya diri. Sungguh, semua itu tidak pernah terlintas di dalam pikiranku hingga sore tadi. Pertanyaan-pertanyaan itu menambah panjang daftar pertanyaan yang aku punya, pertanyaan-pertanyaan yang tidak sempat aku tanyakan padanya, dan hanya ia yang bisa menjawabnya. Terutama hal-hal yang menyangkut tentang pengalamannya sebagai mahasiswi Fakultas Kedokteran sepertiku. Seiring dengan bertumbuhnya aku, semakin banyak aku berpikir, menyadari sesuatu, dan menyimpan berbagai tanya yang tak akan mungkin lagi akan kudapatkan jawabnya.. Sering, inginku berbagi cerita tentang suka duka menjadi seorang mahasiswi kedokteran dengannya. Apakah mama dulu juga mengalami jatuh bangun yang sama denganku? Bagaimana perasaannya ketika pertama kali melakukan eksperimen laboratorium pertamanya? Atau ketika pertama kali memasuki ruang laboratorium yang berisi mayat kemudian harus membedah mayat-mayat tersebut? Ahh, tak mungkin kusebutkan satu per satu. Aku pun bingung, saking banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang kusimpan. Cerita-cerita tentangku ketika aku masih sangat kecil, yang baru aku dengar kira-kira setahun yang lalu dari kakak tertuaku. Ingin sekali ku mendengarnya dari mama. Hanya beberapa cerita tentang masa ospeknya yang samar-samar masih aku ingat hingga sekarang.

Biasanya, aku jadi melankolis waktu aku lagi PMS - Premenstrual Syndrome. Biasa, cewe.. Jadi, aku nggak akan terlalu heran kalau aku jadi suka tiba-tiba teringat akan sesuatu yang sedih di masa-masa PMS. Tapi sekarang aku nggak lagi PMS.


Masa-masa seperti ini adalah masa-masa dimana aku begitu ingin supaya mama kembali. Untuk menjawab semua pertanyaan yang ada di hatiku. Untuk berbagi cerita dengannya, demi menguatkanku ketika aku harus menghadapi masa-masa yang sama dengannya di kemudian hari, sebagai sesama perempuan. Ia pergi ketika aku masih belum bisa membicarakan banyak hal yang perlu kuketahui ketika aku dewasa..

Tapi, sekali lagi.. Aku terus diingatkan untuk selalu percaya akan waktu dan rencana Tuhan. Tidak ada segala sesuatu yang tidak baik. Di balik segala cobaan, Tuhan selalu ada bersamaku.

Instead of questioning why she had to leave me so soon, I choose to be grateful that she was in my life, that I was given the chance to have her as my mother for 15 years. Those 15 years were what made me who I am now. The best start of a life a girl could have :')

Saturday, July 21, 2012

Exploring China: SHANGHAI

I've been living in Suzhou, China, for 5 years now, dan selama 5 tahun itu, aku nggak cuma mendekam di kota tercinta ini aja tentunya. Punya seorang papa yang berpikiran terbuka dan berpendapat bahwa nggak seharusnya kita pulang terus-terusan waktu liburan panjang, melainkan menggunakan liburan tersebut sebagai kesempatan untuk mengeksplor tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi, bikin dia selalu mendorong aku untuk jalan-jalan ke kota-kota lain selain Suzhou. Apalagi, Cina gede bangeet.

Gara-gara request dari seorang blogger senior (datengin Emotional Flutter deh, bagus) supaya aku ceritain pengalaman jalan-jalanku selama di Cina, aku jadi sadar bahwa aku baru sekali doang bikin postingan tentang itu (waktu aku ke Nanjing, baca di SINI dan di SINI). Pernah sekali juga cerita tentang Suzhou, kota tempat aku tinggal (di SINI), but not much about the tourism spots, melainkan tentang kehidupan di sini. Makanya sekarang aku mau deh cerita-cerita tentang my travelling experience in China, semoga banyak yang tertarik baca yah, hehehe..

Kalo dihitung-hitung, aku sudah mengunjungi sekitar 11 kota di Cina. Let's say: Shanghai, Nanjing, Hangzhou, Wuxi (empat kota ini lokasinya deket dari Suzhou), Qingdao (Shandong Province), Shenzhen, Hongkong, Huangshan Mountain (Anhui Province), Xi'An, Beijing, dan yang terakhir Januari kemarin adalah Guilin.

Karena Suzhou lokasinya deket banget sama Shanghai (hanya 20 menitan pake kereta tercepat masa kini di Cina, wkwkwkwk), kadang kalo sekedar pengen belanja ato bahkan makan, kita bisa ke Shanghai dengan gampangnya (harga tiketnya 80 RMB, sekitar Rp 120.000,00, udah PP). You know lah, Shanghai terkenal dengan pusat perbelanjaannya. Dari mall-mall yang paling mewah sampai tempat-tempat yang jual barang-barang KW dengan kualitas bagus tapi harga terjangkau, hahaha.. Tapi, ngebela-belain belanja di Shanghai itu dulu, pas tahun-tahun awal, sekarang jarang sih.. Soalnya udah sangat mengenal Suzhou dan kadang suka nggak ada waktu ke Shanghai untuk sekedar belanja. Paling sering malah buat belanja di Ikea (di Suzhou nggak ada Ikea, sedih!) atau MAKAN! Di Suzhou nggak ada restoran Indonesia satupun, padahal di Shanghai ada beberapa. Yang paling terkenal ya Bali Bistro dan Made In Indonesia.

The famous Shanghai Pearl Tower seen from Shanghai The Bund at night

Di deket Shanghai Pearl Tower itu ada sebuah mall - Superbrand Mall 正大广场 - yang isinyaaa.. Bener-bener super branded stuffs, hahaha..

Interiornya Superbrand Mall, Shanghai

Ikea, tempat favorit untuk belanja peralatan apartemen karena harganya yang asooy :D
Di Singapore juga ada nih Ikea. Dan denger-denger katanya mau buka di Jakarta, lho!

And of course, because of..............
Ikea's Swedish Meatball!! Hihihi..

Buat yang nggak tau, Ikea's Swedish Meatball ini murah meriah banget, Saudara/i! Baso sapi ala Swedia (karena namanya aja Swedish Meatball =p) yang dimakan bersama mashed potato & blueberry jam, yummy banget! Kelihatannya nggak cocok yah, baso sapi ama selai blueberry, tapi cobain deh! Apalagi kalo diliat ama harganya yang nggak mahal. Lupa persisnya harganya berapa, pokoknya oke punya lah! Aku pernah ke Ikea cuman buat makan Swedish Meatball ini, huahahaha.. Waktu itu lagi mau nonton konsernya Westlife tersayang yang lokasi konsernya deketan banget sama Ikea, sekaligus ngajakin Ayu icip-icip, hihihi..

 
Bali Bistro! Probably the most famous Indonesian restaurant in Shanghai. Buset deh, ngiler banget neh liatin fotonyaa >.< Dan di sini kita bisa nemuin orang-orang Indonesia banyaaakk banget.. Feels like home! =)



Bahkan bisa bikin tumpengan juga, hahahaha..

Alamatnya:
75 Wanhangdu Lu, 
near Beijing Xi Lu 
万航渡路75号, 
近北京西路

Telp : 6288 5778

Made in Indonesia
Made In Indonesia Restaurant, ini restoran Indonesia yang cukup terkenal juga selain Bali Bistro. Buat orang-orang Indonesia yang mau perpanjang passport atau apapun yang berurusan dengan KBRI, bisa dateng ke sini, karena KBRI yang ada di Beijing mengadakan pelayanan kekonsuleran tiap 3 bulan sekali di restoran ini. Kalo di sini biasanya aku pesen kolaknya, yummm! Begonya diriku malah iming-iming diri sendiri, apalagi sekarang lagi bulan puasa, jadi makin inget sama kolak, karena di Twitter lagi rame ngomongin makanan-makanan buka puasa T___T
Tempatnya lebih ribet untuk dijangkau sih dibandingin sama Bali Bistro yang lokasinya strategis banget untuk dijangkau dengan subway, bus, apalagi taksi, hahaha.. *Kemana sih yang nggak praktis naek taksi?? Hehehe* Tapi worth trying lho.

Kita lagi rame-rame makan di Made In Indonesia bareng senior-senior angkatan 2005. Gosh, it was three years ago!! >.<

Made In Indonesia banyak memamerkan barang-barang khas Indonesia. Di sini bahkan ada koleksi Barbie yang mengenakan baju daerah dari semua propinsi di Indonesia, lho! Lengkap! Sayang banget nggak punya fotonya :(

Salah satu pusat perbelanjaan di Shanghai yang terkenal adalah Nanjing Road. Nanjing Road adalah sebuah jalan yang sangat panjang - sampe ada East Nanjing Road & West Nanjing Road. Nanjing Road hanya diperuntukkan bagi para pejalan kaki (步行街 or pedestrian street). Jadi kita bisa jalan kaki sambil di kiri kanan banyak banget toko-toko dan mall-mall kecil. Mau cari apapun ada deh, tinggal sebut! *Lebai, hahaha..

East Nanjing Road at night

Mau cerita sedikit tentang pedestrian street ah, karena menurut aku ini adalah salah satu dari banyak hal yang unik di sini. Pedestrian street bisa dijumpai di semua kota di China. Di kota manapun pasti ada pedestrian streetnya masing-masing dan biasanya jadi pusat perbelanjaan masyarakat sekitar. Kalo di Suzhou, namanya Guanqian Street. Kalo kamu lagi berada di China, coba deh tanya ke masyarakat setempat, 步行街 (read: buxingjie) di kota kamu ada di mana. Rakyat China demen banget jalan kaki, beda banget ama orang Indo yang nggak suka jalan! Hehehe..

Di East Nanjing Road ini juga ada Madam Tussauds Museum, loh!! Pada tau kan tentunya tentang Museum Madam Tussauds ini? Madam Tussauds adalah museum yang berisi patung-patung lilin orang-orang ternama dari seluruh dunia, baik yang sudah meninggal maupun yang masih bernapas hingga sekarang, hehehe..

Gyaaa, narsis amat, padahal kucel-kucel gitu abis jalan-jalan seharian, wkwkwk..

Katanya itu dia yang disebut-sebut sebagai Madam Tussauds. Serem yak, kayak nenek sihir, hehehe..

Yes!! He was married to me before he marries Kate Middleton! BHAHAHAHA..

Kalo pengen liat foto-foto selama aku jalan-jalan di Shanghai waktu itu, atau ada patung siapa aja di Madam Tussauds Museum Shanghai, klik SINI dan SINI.

Tadi aku ada nyebut-nyebut barang-barang KW dengan kualitas bagus & harga terjangkau? Kalo itu dimana? Hehehe.. Ada banyak tempat di Shanghai sebenernya, tapi jujur aku jarang pegi.. Tapi salah satu tempat yang aku tau & pernah datengin adalah Xinyang Market.

Xinyang Market adalah salah satu pusat perbelanjaan di Shanghai, dimana kita bisa beli barang-barang murah. Ada baju, tas, sepatu, apa aja pokoknya. Mulai dari yang nggak branded ampe yang branded (read: high-quality fake branded stuffs =D)
SARAN: BARGAIN! Buka harga awal sebesar 30% dari harga yang ditawarkan oleh si penjual. Serius! Ini hasil pengalaman pribadi & teman-teman, yang membuat kami dapet predikat "lihai" dalam tawar-menawar =p Siap dimaki-maki dikit yaa, tapi jangan gentar! Anggep aja latian mental, huahahaha..

Untuk lebih jelasnya tentang how to get there, buka aja http://www.synotrip.com/shanghai/shanghai-ap-xinyang-fashion-gifts-market.

Selain belanja, Ikea, dan restoran Indonesia, yang bikin kita selalu ingin kembali ke Shanghai adalah Hooters. Pada tau Hooters nggak? Hihihi..

Let me tell you. Hooters adalah sebuah Western restaurant yang sangat terkenal dengan pelayan-pelayannya yang memakai baju seksi.

Behhh.. Mantab, bukan? Wkwkwk..

Tapi jangan salah kaprah dulu menilai Hooters ini, apalagi menilai motivasi saya ke sini. I'm definitely straight! Masih suka sama Michael Owen, Steven Gerrard, en Nicky & Shane Westlife kok, huahahahaha.. Untungnya yah, Hooters ini punya makanan yang top markotop juga. Jadi nggak berkesan kayak cuman "jual cewe" aja. Yang paling terkenal di Hooters tuh chicken wing-nya. D*mn, pasti gue bakal ngiler gila-gilaan nih kalo search foto chicken wing-nyaaaa >.<

Okay, I'm officially drooling right now :9
Chicken wings-nya tersedia dalam berbagai macam pilihan bumbu dan jumlah porsi. Bisa juga breaded or naked. Maksudnya, pake kulitnya apa nggak. I never go for naked, because the skin is so irresistable. Jadi, kita bisa makan chicken wings-nya sesuai selera dan kemampuan makan kita, yoih banget kan!

Eits, yang nggak kalah mantebnya adalah spaghetti carbonara-nya. Mau sekenyang apapun, tapi biasanya kita bakalan sediain space di perut buat spaghetti carbonara. Biasanya sih pesen seporsi berdua, hahaha.. 
Pokoknya, kalo ke Hooters, chicken wing & spaghetti carbonara are must have items! Kalo orang Surabaya bilang, "haujek sencingping", alias, "enak, gila!".

Lokasi Hooters ini sangat berdekatan dengan Superbrand Mall. So, after visitting Pearl Tower & shopping at Superbrand Mall, go spoil yourself to Hooters! Hehehe.. *promosi gratis*

Psst.. Ampe ada Hooters Pageant segala lho, kayak Miss Universe for Hooters' waitress LOL.


Setelah puas jalan-jalan di Shanghai, sebelum pulang kembali ke Suzhou, biasanya mampir dulu ke Mister Donut, hihi.. Donatnya enak banget, guys!


Okay, memang sejenis donat J.Co, tapi sepertinya I like Mister Donut better, hehehe.. Eh iya betewe, di Shanghai udah ada J.Co juga, lho!

Dulu-dulu sih motivasi ke Shanghai lebih banyak daripada sekarang. Ada Coco Curry, Saizeriya & Subway sandwich.


Coco Curry adalah restoran kari yang enak banget.. Dia berasal dari Jepang dan ada di banyak negara, tapi bukan franchise restaurant. Keren banget yah! Kalo dia jual franchise-nya sih, yakin deh bakal udah ada resto Coco Curry di Indo. Soalnya banyak banget orang Indo yang doyan sama kari-nya Coco Curry & berpikiran untuk beli franchise-nya buat buka di Indo =P

Ada yang tau sandwich Subway? Sandwich-sandwichnya Subway tuh sehat lho, teman-teman. Katanya direkomendasi oleh para dokter di dunia. Sehat yang dimaksud adalah karena rendah kalori dan lemak. Rotinya aja bisa pilih mau yang oatmeal, honey oat ato yang biasa. Dan favoritku adalah subway tuna ini, pake roti yang honey oat & bumbunya sweet onion.

 
Saizeriya menjual makanan-makanan Italia standar seperti spaghetti, pizza, steak, dan berbagai macam side dish. Yang bikin Saizeriya ini terkenal dan selalu dipadati pengunjung adalah harganya yang bener-bener murah. Dapatkan seporsi spaghetti hanya seharga 10-12 RMB, yang kalo dikurs ke rupiah nggak nyampe 20 ribu! Atau juga steak yang seporsinya sekitar 15-20 RMB (kaliin sendiri ama Rp 1.500,00 dan silakan kaget hehe). Minumnya 7 RMB langsung bisa refill sepuasnya. Ada aneka soft drinks, kopi, teh, jus mangga, jus jeruk, lemon tea, bahkan hot chocolate & Milo dingin! Porsi makanannya memang nggak gede tapi nggak kecil juga kok, standar. Rasanya juga enak. Pas banget lah pokoknya buat kantong pelajar! Nggak heran kalo Seizeriya ini jadi tempat favorit buat rapat pengurus SISC, huahahaha.. Ampe bosen-bosen deh! Tapi biar bosen, kalo pas dana lagi seret, pasti balik ke Seizeriya =p

Dan dengan bangga saya berkata bahwa ketiga makanan tersebut sudah dapat dijumpai di beberapa tempat di Suzhou, jadi nggak usah jauh-jauh ke Shanghai lagi kalo ngidam, huehehehe..

Demikian sekilas tentang Shanghai, kota metropolitan China yang super terkenal di mata dunia itu. Kota tetanggaku. Jadi, buat siapa aja yang lagi ada atau mau ke Shanghai, just let me know yah, siapa tahu kita bisa ketemu!!! Kalo mau tanya-tanya, please don't hesitate to contact me, hehe..

Saya akan kembali dengan cerita tentang perjalananku di kota-kota yang lain, tunggu ya! ;)


Sources of pictures:
Google
http://www.acupofjenns.com/
http://www.flickr.com/photos/riu62/6014029098/
http://www.flickr.com/photos/trasaterra/3356737420/