Saturday, July 21, 2012

Exploring China: SHANGHAI

I've been living in Suzhou, China, for 5 years now, dan selama 5 tahun itu, aku nggak cuma mendekam di kota tercinta ini aja tentunya. Punya seorang papa yang berpikiran terbuka dan berpendapat bahwa nggak seharusnya kita pulang terus-terusan waktu liburan panjang, melainkan menggunakan liburan tersebut sebagai kesempatan untuk mengeksplor tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi, bikin dia selalu mendorong aku untuk jalan-jalan ke kota-kota lain selain Suzhou. Apalagi, Cina gede bangeet.

Gara-gara request dari seorang blogger senior (datengin Emotional Flutter deh, bagus) supaya aku ceritain pengalaman jalan-jalanku selama di Cina, aku jadi sadar bahwa aku baru sekali doang bikin postingan tentang itu (waktu aku ke Nanjing, baca di SINI dan di SINI). Pernah sekali juga cerita tentang Suzhou, kota tempat aku tinggal (di SINI), but not much about the tourism spots, melainkan tentang kehidupan di sini. Makanya sekarang aku mau deh cerita-cerita tentang my travelling experience in China, semoga banyak yang tertarik baca yah, hehehe..

Kalo dihitung-hitung, aku sudah mengunjungi sekitar 11 kota di Cina. Let's say: Shanghai, Nanjing, Hangzhou, Wuxi (empat kota ini lokasinya deket dari Suzhou), Qingdao (Shandong Province), Shenzhen, Hongkong, Huangshan Mountain (Anhui Province), Xi'An, Beijing, dan yang terakhir Januari kemarin adalah Guilin.

Karena Suzhou lokasinya deket banget sama Shanghai (hanya 20 menitan pake kereta tercepat masa kini di Cina, wkwkwkwk), kadang kalo sekedar pengen belanja ato bahkan makan, kita bisa ke Shanghai dengan gampangnya (harga tiketnya 80 RMB, sekitar Rp 120.000,00, udah PP). You know lah, Shanghai terkenal dengan pusat perbelanjaannya. Dari mall-mall yang paling mewah sampai tempat-tempat yang jual barang-barang KW dengan kualitas bagus tapi harga terjangkau, hahaha.. Tapi, ngebela-belain belanja di Shanghai itu dulu, pas tahun-tahun awal, sekarang jarang sih.. Soalnya udah sangat mengenal Suzhou dan kadang suka nggak ada waktu ke Shanghai untuk sekedar belanja. Paling sering malah buat belanja di Ikea (di Suzhou nggak ada Ikea, sedih!) atau MAKAN! Di Suzhou nggak ada restoran Indonesia satupun, padahal di Shanghai ada beberapa. Yang paling terkenal ya Bali Bistro dan Made In Indonesia.

The famous Shanghai Pearl Tower seen from Shanghai The Bund at night

Di deket Shanghai Pearl Tower itu ada sebuah mall - Superbrand Mall 正大广场 - yang isinyaaa.. Bener-bener super branded stuffs, hahaha..

Interiornya Superbrand Mall, Shanghai

Ikea, tempat favorit untuk belanja peralatan apartemen karena harganya yang asooy :D
Di Singapore juga ada nih Ikea. Dan denger-denger katanya mau buka di Jakarta, lho!

And of course, because of..............
Ikea's Swedish Meatball!! Hihihi..

Buat yang nggak tau, Ikea's Swedish Meatball ini murah meriah banget, Saudara/i! Baso sapi ala Swedia (karena namanya aja Swedish Meatball =p) yang dimakan bersama mashed potato & blueberry jam, yummy banget! Kelihatannya nggak cocok yah, baso sapi ama selai blueberry, tapi cobain deh! Apalagi kalo diliat ama harganya yang nggak mahal. Lupa persisnya harganya berapa, pokoknya oke punya lah! Aku pernah ke Ikea cuman buat makan Swedish Meatball ini, huahahaha.. Waktu itu lagi mau nonton konsernya Westlife tersayang yang lokasi konsernya deketan banget sama Ikea, sekaligus ngajakin Ayu icip-icip, hihihi..

 
Bali Bistro! Probably the most famous Indonesian restaurant in Shanghai. Buset deh, ngiler banget neh liatin fotonyaa >.< Dan di sini kita bisa nemuin orang-orang Indonesia banyaaakk banget.. Feels like home! =)



Bahkan bisa bikin tumpengan juga, hahahaha..

Alamatnya:
75 Wanhangdu Lu, 
near Beijing Xi Lu 
万航渡路75号, 
近北京西路

Telp : 6288 5778

Made in Indonesia
Made In Indonesia Restaurant, ini restoran Indonesia yang cukup terkenal juga selain Bali Bistro. Buat orang-orang Indonesia yang mau perpanjang passport atau apapun yang berurusan dengan KBRI, bisa dateng ke sini, karena KBRI yang ada di Beijing mengadakan pelayanan kekonsuleran tiap 3 bulan sekali di restoran ini. Kalo di sini biasanya aku pesen kolaknya, yummm! Begonya diriku malah iming-iming diri sendiri, apalagi sekarang lagi bulan puasa, jadi makin inget sama kolak, karena di Twitter lagi rame ngomongin makanan-makanan buka puasa T___T
Tempatnya lebih ribet untuk dijangkau sih dibandingin sama Bali Bistro yang lokasinya strategis banget untuk dijangkau dengan subway, bus, apalagi taksi, hahaha.. *Kemana sih yang nggak praktis naek taksi?? Hehehe* Tapi worth trying lho.

Kita lagi rame-rame makan di Made In Indonesia bareng senior-senior angkatan 2005. Gosh, it was three years ago!! >.<

Made In Indonesia banyak memamerkan barang-barang khas Indonesia. Di sini bahkan ada koleksi Barbie yang mengenakan baju daerah dari semua propinsi di Indonesia, lho! Lengkap! Sayang banget nggak punya fotonya :(

Salah satu pusat perbelanjaan di Shanghai yang terkenal adalah Nanjing Road. Nanjing Road adalah sebuah jalan yang sangat panjang - sampe ada East Nanjing Road & West Nanjing Road. Nanjing Road hanya diperuntukkan bagi para pejalan kaki (步行街 or pedestrian street). Jadi kita bisa jalan kaki sambil di kiri kanan banyak banget toko-toko dan mall-mall kecil. Mau cari apapun ada deh, tinggal sebut! *Lebai, hahaha..

East Nanjing Road at night

Mau cerita sedikit tentang pedestrian street ah, karena menurut aku ini adalah salah satu dari banyak hal yang unik di sini. Pedestrian street bisa dijumpai di semua kota di China. Di kota manapun pasti ada pedestrian streetnya masing-masing dan biasanya jadi pusat perbelanjaan masyarakat sekitar. Kalo di Suzhou, namanya Guanqian Street. Kalo kamu lagi berada di China, coba deh tanya ke masyarakat setempat, 步行街 (read: buxingjie) di kota kamu ada di mana. Rakyat China demen banget jalan kaki, beda banget ama orang Indo yang nggak suka jalan! Hehehe..

Di East Nanjing Road ini juga ada Madam Tussauds Museum, loh!! Pada tau kan tentunya tentang Museum Madam Tussauds ini? Madam Tussauds adalah museum yang berisi patung-patung lilin orang-orang ternama dari seluruh dunia, baik yang sudah meninggal maupun yang masih bernapas hingga sekarang, hehehe..

Gyaaa, narsis amat, padahal kucel-kucel gitu abis jalan-jalan seharian, wkwkwk..

Katanya itu dia yang disebut-sebut sebagai Madam Tussauds. Serem yak, kayak nenek sihir, hehehe..

Yes!! He was married to me before he marries Kate Middleton! BHAHAHAHA..

Kalo pengen liat foto-foto selama aku jalan-jalan di Shanghai waktu itu, atau ada patung siapa aja di Madam Tussauds Museum Shanghai, klik SINI dan SINI.

Tadi aku ada nyebut-nyebut barang-barang KW dengan kualitas bagus & harga terjangkau? Kalo itu dimana? Hehehe.. Ada banyak tempat di Shanghai sebenernya, tapi jujur aku jarang pegi.. Tapi salah satu tempat yang aku tau & pernah datengin adalah Xinyang Market.

Xinyang Market adalah salah satu pusat perbelanjaan di Shanghai, dimana kita bisa beli barang-barang murah. Ada baju, tas, sepatu, apa aja pokoknya. Mulai dari yang nggak branded ampe yang branded (read: high-quality fake branded stuffs =D)
SARAN: BARGAIN! Buka harga awal sebesar 30% dari harga yang ditawarkan oleh si penjual. Serius! Ini hasil pengalaman pribadi & teman-teman, yang membuat kami dapet predikat "lihai" dalam tawar-menawar =p Siap dimaki-maki dikit yaa, tapi jangan gentar! Anggep aja latian mental, huahahaha..

Untuk lebih jelasnya tentang how to get there, buka aja http://www.synotrip.com/shanghai/shanghai-ap-xinyang-fashion-gifts-market.

Selain belanja, Ikea, dan restoran Indonesia, yang bikin kita selalu ingin kembali ke Shanghai adalah Hooters. Pada tau Hooters nggak? Hihihi..

Let me tell you. Hooters adalah sebuah Western restaurant yang sangat terkenal dengan pelayan-pelayannya yang memakai baju seksi.

Behhh.. Mantab, bukan? Wkwkwk..

Tapi jangan salah kaprah dulu menilai Hooters ini, apalagi menilai motivasi saya ke sini. I'm definitely straight! Masih suka sama Michael Owen, Steven Gerrard, en Nicky & Shane Westlife kok, huahahahaha.. Untungnya yah, Hooters ini punya makanan yang top markotop juga. Jadi nggak berkesan kayak cuman "jual cewe" aja. Yang paling terkenal di Hooters tuh chicken wing-nya. D*mn, pasti gue bakal ngiler gila-gilaan nih kalo search foto chicken wing-nyaaaa >.<

Okay, I'm officially drooling right now :9
Chicken wings-nya tersedia dalam berbagai macam pilihan bumbu dan jumlah porsi. Bisa juga breaded or naked. Maksudnya, pake kulitnya apa nggak. I never go for naked, because the skin is so irresistable. Jadi, kita bisa makan chicken wings-nya sesuai selera dan kemampuan makan kita, yoih banget kan!

Eits, yang nggak kalah mantebnya adalah spaghetti carbonara-nya. Mau sekenyang apapun, tapi biasanya kita bakalan sediain space di perut buat spaghetti carbonara. Biasanya sih pesen seporsi berdua, hahaha.. 
Pokoknya, kalo ke Hooters, chicken wing & spaghetti carbonara are must have items! Kalo orang Surabaya bilang, "haujek sencingping", alias, "enak, gila!".

Lokasi Hooters ini sangat berdekatan dengan Superbrand Mall. So, after visitting Pearl Tower & shopping at Superbrand Mall, go spoil yourself to Hooters! Hehehe.. *promosi gratis*

Psst.. Ampe ada Hooters Pageant segala lho, kayak Miss Universe for Hooters' waitress LOL.


Setelah puas jalan-jalan di Shanghai, sebelum pulang kembali ke Suzhou, biasanya mampir dulu ke Mister Donut, hihi.. Donatnya enak banget, guys!


Okay, memang sejenis donat J.Co, tapi sepertinya I like Mister Donut better, hehehe.. Eh iya betewe, di Shanghai udah ada J.Co juga, lho!

Dulu-dulu sih motivasi ke Shanghai lebih banyak daripada sekarang. Ada Coco Curry, Saizeriya & Subway sandwich.


Coco Curry adalah restoran kari yang enak banget.. Dia berasal dari Jepang dan ada di banyak negara, tapi bukan franchise restaurant. Keren banget yah! Kalo dia jual franchise-nya sih, yakin deh bakal udah ada resto Coco Curry di Indo. Soalnya banyak banget orang Indo yang doyan sama kari-nya Coco Curry & berpikiran untuk beli franchise-nya buat buka di Indo =P

Ada yang tau sandwich Subway? Sandwich-sandwichnya Subway tuh sehat lho, teman-teman. Katanya direkomendasi oleh para dokter di dunia. Sehat yang dimaksud adalah karena rendah kalori dan lemak. Rotinya aja bisa pilih mau yang oatmeal, honey oat ato yang biasa. Dan favoritku adalah subway tuna ini, pake roti yang honey oat & bumbunya sweet onion.

 
Saizeriya menjual makanan-makanan Italia standar seperti spaghetti, pizza, steak, dan berbagai macam side dish. Yang bikin Saizeriya ini terkenal dan selalu dipadati pengunjung adalah harganya yang bener-bener murah. Dapatkan seporsi spaghetti hanya seharga 10-12 RMB, yang kalo dikurs ke rupiah nggak nyampe 20 ribu! Atau juga steak yang seporsinya sekitar 15-20 RMB (kaliin sendiri ama Rp 1.500,00 dan silakan kaget hehe). Minumnya 7 RMB langsung bisa refill sepuasnya. Ada aneka soft drinks, kopi, teh, jus mangga, jus jeruk, lemon tea, bahkan hot chocolate & Milo dingin! Porsi makanannya memang nggak gede tapi nggak kecil juga kok, standar. Rasanya juga enak. Pas banget lah pokoknya buat kantong pelajar! Nggak heran kalo Seizeriya ini jadi tempat favorit buat rapat pengurus SISC, huahahaha.. Ampe bosen-bosen deh! Tapi biar bosen, kalo pas dana lagi seret, pasti balik ke Seizeriya =p

Dan dengan bangga saya berkata bahwa ketiga makanan tersebut sudah dapat dijumpai di beberapa tempat di Suzhou, jadi nggak usah jauh-jauh ke Shanghai lagi kalo ngidam, huehehehe..

Demikian sekilas tentang Shanghai, kota metropolitan China yang super terkenal di mata dunia itu. Kota tetanggaku. Jadi, buat siapa aja yang lagi ada atau mau ke Shanghai, just let me know yah, siapa tahu kita bisa ketemu!!! Kalo mau tanya-tanya, please don't hesitate to contact me, hehe..

Saya akan kembali dengan cerita tentang perjalananku di kota-kota yang lain, tunggu ya! ;)


Sources of pictures:
Google
http://www.acupofjenns.com/
http://www.flickr.com/photos/riu62/6014029098/
http://www.flickr.com/photos/trasaterra/3356737420/

15 comments:

  1. Asli, kamu sukses bikin dau ngiler ^^
    And yes, you're so blessed,diberkati dengan papa yang baek banget dan ijinin dirimu jalan2 ngeliat dunia Syl. Ditunggu postingan berikutnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. YES!! Mission accomplished! Hahahaha =D
      Ayoo maen2 ksini hihihi.. Iyah, bener banget, I'm so blessed to have a daddy like him :)

      Delete
    2. Halo Sylvia, salam kenal :)
      Kebetulan lagi browsing rute jalan-jalan ke Suzhou dan Shanghai, nyampelah ke sini. Bolehkah tanya2? Ada email atau ku add facebook ya :D

      Delete
    3. Hai, Aryani, salam kenal juga.. Aku message yah :)

      Delete
  2. Shanghai ini bener2 kebalikannya Xi'an ya...modern banget, mirip Hong Kong...pantesan temen2 gua betah tinggal di kota yg satu ini, hehehe...

    Ga mau kalah ah, tar kalo ke Cina juga gua harus banyak jalan2...ow yeaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul2, Shanghai emang kota metropolitan gitu, lbh modern jauh drpd Beijing malah..

      Hayuk ko mampir jg ke Suzhou, siapa tau bs kopdar di Cina, kn keren, hahaha

      Delete
  3. itu yg hooters itu kayanya di singapore juga ada deh eheh.. oren2 gitu juga roknya wkwk.
    btw, enak bener uy di cina. barang lucunya murah2. btw, kapan balik indo lagi? daku pengen nitip sesuatu nih. kertas surat lucu2 gtu, di cina kan banyak tuh murah2 jg pastinya :p tpi kalo ga merepotkan sih ahaha..
    ada email yg bisa di hubungi kah? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg oren2 tuh celana pendek say bukan rok, hehe.. Aku nggak tau sih di Singapore ada jg apa ga hehe..
      Ohh, boleh banget.. Tapi msh Feb 2013 loh baru bisa balik Indo >.< email ajaa di sumitrosylvia@gmail.com.

      Delete
  4. Halo Sylvia,

    Lagi browsing Shanghai terus ketemu blog mu nih, boleh tanya2 nggak ya? karena bulan ini mau ke Shanghai..boleh minta email address..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Adia,

      langsung email aja ke sumitrosylvia@gmail.com ya :)

      Delete
  5. Good job! Nice review Sylvia! I will try them all! :)

    ReplyDelete
  6. Someday, I'll go there too. :)
    Mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kukunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, you should! Aku juga mau ke tempat2 lain yg belum pernah kukunjungi :)

      Delete
  7. Hii sylvia.. Salam kenal.. Aku baru liat tulisanmu. Hehe.. Sgt menarik, suamiku ada rencana bakal kerja disana boleh donk share kehidupan di suZhou krn sepertinya akan menetap disana. Tengkyu.. Kalo masih baca blognya bisa kontak aku ya di leeannecruzta@yahoo.com..

    ReplyDelete