Thursday, April 25, 2013

Hape kerendem air

Mau ngepost yg ringan2 en agak penting ga penting ahh :p

Dari judulnya mungkin udah bisa ditebak ya isi/topik yg mau aku tulis. Tapi gapapa tetep aku lanjutin aja *ga peduli :p

Cuma buat sharing en pengetahuan sekilas aja buat kalian, just in case ntar2 mengalami kejadian yg sama (ya moga2 sih nggak), jadi at least udah tau musti ngapain.

Jadi tulisan ini disponsori oleh BBku yg kecemplung ke dalem bak air beberapa bulan yg lalu (kl ga salah Desember kemarin).

Kebiasaan burukku adalah bawa2 BB kemana2, termasuk ke kamar mandi. Waktu itu aku lagi taro si BB malangku itu di deket bak air. Entah lagi ada angin apa, Si BB tiba2 nyemplung ke dalem bak air itu (padahal aku yg nyenggol sampe dia nyemplung wkwkwk).

Respon? Langsung panik pasti. Dont know what to do. Dont know whats right and whats wrong. Secara aku nggak pernah iseng2 google tentang penanganan utk hape yg kecemplung air gini.

Waktu itu aku langsung copot softcase nya en cabut baterenya. Thank God ternyata itu adalah hal yg tepat untuk dilakukan pertama kali ketika hape terkena air.

Next, bingung lagi, whats next? Aku cuma pernah denger kalo hape basah, jangan banget di-hairdryer. Makanya aku takut banget buat hairdryer-in BBku.

Setelah google sana sini, akhirnya aku praktekkin tips yg paling banyak dibilang di internet, sebagai berikut:
1.First step banget, tadi udah tau, bahwa matiin hape yg terkena air tsb & langsung copot baterenya. Jangan pernah coba2 mengaktifkan hapemu karena malah bisa bikin konslet dan kalo sampe konslet artinya tamatlah riwayat hape tsb.
2. Masukin beras ke dalem tempat tertutup (e.g. lock n lock), timbun hape tsb dengan beras, tutup tempatnya dan biarkan sampe berhari2. Katanya, hal tsb karena beras bisa menyerap air yg masuk ke hape tsb.
3. Selain pake beras, lebih bagus kalo punya silica gel. Apa tuh silica gel? Itu loh, kalo kita beli wadah2 utk nyimpen makanan, biasanya ada bungkusan kecil buat anti lembap, kadang ada juga di bungkus snack2. Silica gel itu fungsinya utk mencegah kelembapan. Jadi, masukin hape ke dalam wadah tertutup bersama silica gel (makin banyak silica gel-nya, makin bagus tentunya).

Sayangnya waktu itu daku tak punya silica gel. Katanya sih bisa beli di apotek tapiyaudah lah ya, nyoba pake beras aja. Sambil nanya2 temen musti ngapain.

Waktu itu dilemma banget, di-hairdryer apa ga. Soalnya banyak yg bilang mereka dulu sih di-hairdryer. Tapi ada yg bilang malah bisa memperparah keadaan karena airnya bisa makin masuk ke dalem kalo digituin. Nah loh bingung kan.

Akhirnya tetep ga ku hairdryer.

Karena BB adalah soulmate-ku, aku ga tahan banget menjalani hari tanpa dia *halahh!* akhirnya setelah 2 hari, aku keluarin dia & aku coba nyalain sambil sebelumnya doa dulu supaya bisa nyala.
Dan hasilnya adalaaahhh........ *suara drum*

Nggak nyala, saudara-saudari.

Sedih :'(

Akhirnya karena udah ga tahan, aku bawa deh dia ke Blackberry Centre. Pas nyampe sana, ga membantu. BBku musti nginep beberapa hari di sana utk dicek kerusakannya.

Singkat cerita, setelah sekitar seminggu hidup tanpa BB & menunggu harap2 cemas tanpa kepastian, BBku nggak bisa nyala lagi. Daripada kalo sampe LCDnya rusak gantinya ampe 600rb lebih (bahkan mungkin bisa ampe sejuta), mending kupensiunkan dia lebih dini deh en ganti yg baru. Karena meskipun dibenerin sekalipun, nggak menjamin dia sembuh 100%, namanya juga udah cacat istilahnya.

Emang sih ceritaku ini nggak berakhir indah. Tapi tujuan dari postingan ini adalah ngasi tips2 aja buat kalian musti ngapain kalo hape kalian kerendem air. Siapa tau berhasil, at least coba dulu ga ada salahnya kan. Banyak juga yg pake cara itu en berhasil. Hoki2an emang, tergantung udah ada yg ampe konslet apa ga.
Oh tapi kesimpulannya adalah, BOLEH DI-HAIRDYER. Ini uda aku confirm ama koko penjaga BB Centrenya, hehe.. Tapi katanya sih pas hairdryer LCD-nya harus ngadep atas, jangan ke bawah, biar airnya ga masuk ke LCD. Trus ya anginnya jangan kenceng2 ato terlalu panas.

Semoga postingan ini bisa berguna & hape2 lainnya bisa memiliki nasib yg lebih baik drpd BBku yg itu :')

2 comments:

  1. Aduh, turut berduka cita ya untuk HP nya. Gua juga dulu pernah ngalamin, tapi untungnya yg kecemplung tuh HP Panasonic butut. Sejak saat itu, gua ga pernah bawa2 HP ke kamar mandi, hehehe, kapok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Kalo aku sih antara kapok dan ga kapok.. Kapok sih, tapi kadang ga nahan juga buat bawa HP ke kamar mandi --> BAD habit :p
      Tapi entah kenapa sekarang kalo masuk kamar mandi sinyalnya jadi ilang. Mungkin itu bantuan dr Tuhan biar ga bawa HP ke kamar mandi LOL

      Delete