Thursday, August 29, 2013

Some Tips For Travelling in China

Barusan saya selesai jawabin email2 yg masuk yg bertanya2 seputar travelling ke Cina terutama Shanghai dan daerah2 dekat saya tinggal sewaktu di Cina.

For your information, saya sudah tidak lagi tinggal di Cina yah teman2, jadi mungkin saya sudah banyak lupa kalo ditanya mengenai lokasi2 tempat tertentu, apalagi yang bukan di suzhou. Kalo di Suzhou saya masih inget & tahu lah ya, secara pernah tinggal di sana selama 5.5 tahun. Itu pun pasti sudah banyak tempat2 baru, karena perkembangan & pembangunan di cina benar2 sangat pesat. Hanya dalam kedipan mata saja sudah banyak yang berubah *agak lebay, tapi pokoknya kalian nangkep maksud saya, hehehe*
Kalo mau nanya2 silakan, I'll try my best to answer all of your questions.

Karena barusan jawabin pertanyaan "Apakah ada tips2 lain untuk berlibur ke Cina?", saya jadi kepikiran untuk sekalian aja taruh jawabannya di blog, hopefully bisa berguna bagi yang membutuhkan :) So, here we go:

- Hal pertama yg sangat penting untuk dilakukan sebelum menentukan tempat/kota yg dituju, tentukan dulu TUJUAN anda berlibur ke Cina: BELANJA atau SIGHTSEEING. Karena unfortunately, kedua hal tersebut tidak dapat dilakukan bersamaan. You have to choose. Karena Cina sangat luas, kota2nya banyak, dan tiap kota memiliki "sifat"nya masing2. Kalo tujuannya adalah belanja, then go to Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, Hongkong, dimana tempat2 wisata ato sightseeing-nya tidak terlalu banyak ato tidak sebagus kota2 yg memang menonjolkan alamnya. Kalo mau sightsee-ing, go to Guilin, Jiuzhaigou, Zhangjiajie, Chengdu. Kalo mau mengunjungi tempat2 bersejarah, go to Beijing, Xi'An. Pergilah bersama orang2 yg memiliki tujuan yg sama dengan kamu. Kalo yg satu pengen belanja sedangkan yg satu pengen menikmati alam ato cuma sekedar jalan2, pasti bakal ada yg kecewa. Waktu jalan2 jadi ga bisa enjoy karena kelamaan nungguin yg mau belanja, begitu juga sebaliknya.

- Kalo mau berlibur sendiri tanpa menggunakan jasa tur, sangat sangat disarankan untuk banyak2 GOOGLE mengenai tempat2 wisata ato tempat2 belanja yg bagus yg ingin dituju. Don't go with the flow, supaya di sana tidak wasting time. Tinggal ketik nama kotanya dan semua info yg kamu butuhkan akan tersedia. Catat & rencanakan dengan rinci & matang.

- Hal yg penting untuk dilakukan & dicatat ketika anda googling adalah TULISAN CHINESE (CHINESE CHARACTER/HANZI) dari NAMA2 TEMPAT & JALAN yg hendak dituju. Ini penting, pake BANGET. Karena masyarakat di Cina masih belum bisa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Jadi, jangan hanya membekali diri dengan nama2 inggrisnya, tapi yg terpenting adalah tulisan chinesenya, untuk memudahkan kalian bertanya pada masyarakat setempat ato supir taksi. Tinggal tunjukin aja kertas dengan tulisan chinesenya kalo ga bisa ngomongnya, karena beda nada & pelafalan, beda pula artinya. Kalo nggak tahu tulisannya, agak bingung juga ntar mereka.

- Jangan berharap terlalu banyak pada bahasa inggris karena sekali lagi, masyarakat Cina belum terlalu bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris. Kecuali Hongkong & Taiwan.

- Jangan lupa booking tiket pesawat & penginapan tentunya. Hotel2 di Cina seperti Jinjian Inn, Home Inn, Motel 168, dsb rata2 cukup bagus & bersih, karena itu adalah 2 faktor yg biasa dicari oleh para traveller. Tinggal google saja hotel dan nama kota yg dituju. Jika ingin mencari hostel, anda bisa pergi ke www.hostelworld.com/(nama kota). Book hotel/hostel dari Indonesia (melalui internet), jangan tunggu setelah sampai di sana.
Berdasarkan pengalaman pribadi saya backpacking around China, hostel adalah opsi utama untuk penginapan saya bersama teman2, selain karena harganya lebih murah, juga karena suasananya yg lebih "homy" dan bisa bertemu & berkenalan dengan banyak orang baru dari mancanegara. Biasanya saya memilih hostel berdasarkan review orang2 di website tersebut dan so far saya & teman2 tidak pernah kecewa. Tetapi jika bepergian bersama orang tua, saya lebih menyarankan untuk memilih hotel karena akan lebih nyaman bagi mereka.

- Kalo nginep di hostel bisa nanya2 tempat2 wisata yg bagus kemana aja, ada city tour apa aja. Pegawai2 hostel bahasa inggrisnya jauh lebih bagus dibanding hotel, karena tamu2 hostel kebanyakan adalah berasal dari mancanegara, jadi bahasa inggris adalah requirement utama bagi pegawai di sana. Di hotel juga bisa nanya2 tapi takutnya mereka nggak bisa ngomong bahasa inggris.

- Selalu minta kartu nama hotel/hostel tempat kamu menginap, untuk memudahkan kamu kembali ke hotel/hostel & tidak nyasar, baik naik angkutan umum maupun taksi.

- Jika mau travelling pada bulan November-Maret, berarti di sana sedang musim dingin. Bawa perlengkapan baju dingin mulai dari long john, jaket dingin, sweater, sarung tangan, kaos kaki tebel, scarf/syal (penting bgt buat nahan angin di leher), kalo punya boots lebih bagus. Jangan pake sepatu yg licin krn ada salju, terutama untuk daerah2 Cina bagian utara. Untuk Cina bagian selatan sih suhunya tidak terlalu rendah, paling cuma belasan Celcius. Untuk Cina bagian utara bisa sampai minus belasn, atau bahkan puluhan, tergantung kota mana yg dituju. Untuk Cina bagian tengah2, suhu bisa mencapai minus tapi tidak terlalu rendah. *Tapi tetep aja dingin yak buat orang Indonesia*

- Jika mau travelling pada bulan Juli-September, lagi panas2nya nih. Cuaca kurang lebih kayak di Indonesia, hanya akan terasa lebih panas karena mostly kita berjalan kaki di sana, nggak kayak di Indonesia yg kemana2 naik mobil yg ber-AC, pergi ke mall2 yg ber-AC juga. Bawa payung, kacamata hitam, sunscreen/sunblock, kalo mau silakan bawa jaket tipis buat yg takut item, topi, sandal, pokoknya summer outfit lah.

- Yang paling enak untuk travelling ke Cina adalah pada bulan2 Oktober atau April-Juni. Ini adalah bulan2 peralihan musim, dimana cuacanya nggak panas dan nggak dingin. Adem. Tapi biasanya anginnya kencang, terutama bulan Oktober, dan banyak hujan. Bawa jaket biar nggak masuk angin. Paling bagus sih sekitar April karena lagi musim semi.

- Apapun cuaca & musimnya, disarankan untuk selalu membawa PAYUNG di dalam tas & awali hari dengan mengecek ramalan cuaca (di internet ato tanya resepsionis hotel/hostel) karena sekali lagi, we mostly jalan kaki. Nggak mau sampe kehujanan di tengah jalan, kan?

- Lebih nyaman dan praktis untuk bepergian maksimum 4 orang, karena taksi di Cina berkapasitas maksimum 4 orang. Supir taksinya tidak mau menerima penumpang lebih dari 4 orang. Jadi, disarankan untuk bepergian dengan jumlah orang kelipatan 4. Sangat tidak disarankan untuk bepergian 5 orang karena akan ribet kalau2 butuh naik taksi. Kalau pergi terlalu banyak orang juga waktu yg terbuang akan lebih banyak.

Kira2 begitu sih saran & tips dari saya.. Kalau ada yg mau ditanyakan, silakan tinggalin comment ato kirim email ke saya, I'll try to reply & give you the info you need. Semoga bisa membantu ya! :)

P.S.: Pergantian musim di dunia sekarang berubah2  & biasanya mundur. Dulu Maret udah mulai menghangat, tapi sekarang Maret masih dingin. Begitu pula sebaliknya. Jadi, ketika bepergian di bulan2 pergantian musim, bersiap2lah untuk kemungkinan terburuk (seharusnya udah mulai hangat tapi ternyata masih dingin) supaya tidak kedinginan di sana.

4 comments:

  1. Jejaring sosial atau aplikasi chat yg bisa digunakan dichina apa yah? Provider yg 3g dan murah buat internetan yg bagus apa? Apakah bisa digunakan diseluruh bagian cina?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Monic..

      Aplikasi chat yg bisa dipakai di Cina itu WeChat, Whatsapp, LINE.
      Biasanya pakai China Mobile yg paling bagus sinyalnya, tapi lebih murah China Unicom sih.. Semuanya bisa dipakai di seluruh bagian Cina, kecuali Hongkong & Taiwan tentunya.

      Delete
  2. Sist kalo bulan januari china selatan musim apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh sis maaf bgt nih baru baca, kyknya udah telat yaa reply-nya? :(
      Kalau Januari sih di Cina semua lg winter, tp klo di selatan ga sedingin di utara, suhunya paling2 sekitar 18C..

      Delete