Thursday, April 30, 2015

Part 3: Overwhelmed and Beyond Blessed!

Ini adalah lanjutan dari 2 post sebelumnya:
Part 1
Part 2


Beberapa hari sebelum hari pemilihan wahana, aku ketemu sama temenku yang sebenarnya tinggal di Bali, tapi waktu itu lagi datang ke Surabaya untuk daftar sekolah spesialis. Menurut temennya dia yang dulu internsip di Bali, akan ada beberapa RS swasta yang akan menjadi wahana baru PIDI. Tapi mereka ga tau detail persisnya, apakah memang benar mau buka atau baru gosip, bila memang benar beritanya, apakah sudah buka atau belum.

Dari 2 RS yang disebutkan, salah satunya sudah masuk di daftar wahana internsip yang sudah buka. Jadi, aku berasumsi bahwa RS tersebut sudah terisi dan tidak akan buka lagi untuk periode ini. Aku menaruh harapan yang sangat besar pada RS yang satunya lagi.

Gambling, memang. Sangat gambling. Aku ga punya informasi apa-apa mengenai wahana yang akan dibuka di Bali periode ini dan apakah RS yang aku harapkan ini memang sudah ditetapkan menjadi wahana internsip atau belum.

Akhirnya, daftar wahana yang dibuka untuk periode ini pun keluar. Hatiku bersorak saat melihat nama RS Bali Royal Hospital ada di dalam daftar tersebut. RS yang selama ini memang aku harap-harapkan. And you know what? Bali cuma buka 1 wahana, ya cuma RS Bros ini.

Sebagai informasi, RS ini adalah sebuah RS swasta yang terletak di Renon, cukup di tengah kota Denpasar. Banyak makanan di sana, pokoknya lokasinya sangat bagus. RS nya pun terlihat masih cukup baru.

Segala usaha yang bisa aku lakukan, sudah aku lakukan, yaitu meminta bantuan doa dari teman-teman dan keluarga. Aku sendiri tak henti-hentinya berdoa, pastinya.

Sehari sebelum hari H, perutku udah mules-mules seharian. DEG2AN BANGET! Malamnya ga bisa tidur. Tapi akhirnya aku paksain tidur juga. Entah kenapa, despite of the stress dan deg2an, deep down aku merasa cukup optimis bahwa aku bisa dapetin di Bali. Tapi tetep aja, selama belum betul-betul dapet, ya belum bisa tenang.


Pas hari H, aku udah mulai siap-siap mau login dari jam 7 pagi, tapi ternyata baru boleh login jam 7.55. Aku udah cocokkin jamku sama jamnya server, hehehe.. Niat amat ya. Daftar internsip mah emang harus niat.

Alhasil, begitu 7.55 aku sukses login, dan langsung ikutin step2nya. Tapi pas sudah sampai di daftar wahana yang bisa dipilih, tulisannya masih belum ada wahananya.

 Keluarnya kayak gini:

Padahal harusnya kayak gini:
Gimana ga stress???

Trus aku coba refresh, udah ga bisa, mulai error2 gitu website-nya. Mulai deh, kekacauan server terjadi.

Websitenya down. Refresh-refresh terus tapi tetep ga bisa masuk. Ehhh, wifi rumah juga sempet ngadat, tau-tau ga bisa connect. Gimana ga stress berat?!!! Sampe hampir mau ke S'bucks terdekat. Tapi bingung juga, emangnya pagi-pagi gini udah buka yah?

Tapi ga jadi, karena akhirnya wifi rumah kembali jalan. FIUH!!

Hampir sejam aku berusaha nembus servernya tapi ga bisa-bisa. Yang membuat aku akhirnya jadi agak tenang adalah karena temen-temenku yang lain juga mengalami hal yang sama. Tapi bukan berarti jadi ga stress. Ga bisa ga stress.. Setiap menit begitu berarti.

Akhirnya setelah sukses menembus server, muncullah tabel seperti di atas yang aku nanti-natikan itu. Rupanya tadi aku kecepetan masuk mungkin, hahaha.. Gila banget, telat salah, kepagian juga salah -.-"

Puji Tuhan, tepat pukul 8.55, aku sudah selesai memilih wahana. Dan aku sukses ditempatkan di RS Bros!!!




Sungguh rasanya bahagia, terharu, overwhelmed sama kebaikan dan mujizat yang diberikan oleh Tuhan untukku. Aku nggak lebay. Itu bener-bener apa yang aku rasain. Yang kepikir cuma bersyukur sama Tuhan dan embrace that moment. Hahaha..

Setelah itu, aku bantuin temen-temenku yang pada belum bisa nembus servernya, tapi sampe siang, ga berhasil juga. Jadi bener-bener cuma 1x itu aku berhasil. Tanpa bermaksud ingin bersenang-senang di atas penderitaan dan ke-stress-an temen-temenku, tapi Tuhan sungguh baik. Tuhan sungguh luar biasa. Aku nggak perlu stress lama-lama.. Setelah jam 9 pagi, aku udah boleh lega dan kembali menjalankan hidupku dengan normal setelah satu jam sebelumnya aku stress sampe marah-marah sama orang rumah n pengen nangis rasanya >.<

Bener-bener, stressnya pemilihan wahana internsip itu bikin orang gilaaaa..

Dan ternyata, sampai hari kedua, semua wahana sudah habis hanya dalam waktu 30 menit. Dan masih banyak calon peserta yang kehabisan wahana :(

Thanks to God, and to all the people who prayed for me. It's only by God's Grace.

All of the tears and sweats me and my friend - my partner in crime, Fenny - have been through, we finally made it here. God has been too good to us both. Pas ngejalaninnya stress, harus bolak-balik Surabaya-Bali dan Surabaya-Jakarta, ga boleh capek nelponin sana-sini, tapi ketika sudah sampai sini dan menoleh ke belakang, everything is awesome. Sebuah pengalaman iman yang luar biasa.

I know, this is NOT the end of the road. This is the BEGINNING of our career as a doctor. I'm thankful to God that He's given me an amazing journey of faith. And all this time, He never leave me. He is always with me. He always shows the way. He makes everything perfect in His time.

Sungguh, teman-teman. Bersandarlah pada-Nya. Hanya pada-Nya.

Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Now, I'm hoping and praying that wherever we are, we can do our best for the people who need us.
Semoga kami dapat sungguh-sungguh berguna bagi orang-orang di sekitar kami, dimana pun kami ditempatkan.

Pray for us, too, my friends! :)

7 comments:

  1. Cee..
    Aku awam nih ce.. cuman butuh bantuan buat sodara yg cari internships..
    Kira2 internship itu dibuka pertanggal berapa yah ce? Dan berapa kali setahun?

    ReplyDelete
  2. Internship itu bukanya Januari, April, Oktober biasanya. Kalo sodaranya anak FK pasti tau kok jadwal2 internship..

    ReplyDelete
  3. Wow..luar biasa kesaksiannya. Selamat!

    ReplyDelete
  4. hallo ce. aku mau tny2 tentang internship di rs Bali Royal, bs minta contact email cc?
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampuun sorry banget nih aku udah lama banget ga buka blog huhuhu.. klo mau email bisa ke sumitrosylvia@gmail.com but I guess it's too late already ya, so sorryy :(

      Delete
  5. Iship di sana gimana rasanya ce? Pengen iship di Bali tapi bingung mau di mana pasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tanya aku, iship di Bali ituu.. FUN! Hehehe.. sebenernya sih tgantung dpt wahananya yg dimana trus dokter2 senior, pembimbing & temen2 sekelompoknya gimana, ya ga sih? Klo aku puji Tuhan dapetnya yg passss semua, wahana asik, senior2 baik hati, temen2 yg kooperatif, hihi.. But overall asyik la pasti di Bali, secara konsulen2nya rata2 berhati malaikat hahaha..

      Delete